Otomotif

8 Tips Membeli Mobil Bekas untuk Pemula, Cek Kelengkapan Dokumen

16
×

8 Tips Membeli Mobil Bekas untuk Pemula, Cek Kelengkapan Dokumen

Sebarkan artikel ini

Jakarta – Membeli mobil bekas sanggup jadi pilihan yang mana tepat untuk menghemat biaya dibandingkan membeli mobil baru. Tapi membeli mobil bekas memerlukan ketelitian ekstra akibat lebih lanjut berisiko.  Apalagi mobil bekas tidaklah memiliki garansi pabrik

Tips beli mobil bekas tidaklah sekedar mengecek status fisik kendaraan saja, tapi ada beberapa hal lain yang dimaksud harus menjadi perhatian. 

Berikut adalah beberapa tips penting yang perlu diperhatikan pada waktu membeli mobil bekas untuk meyakinkan Anda mendapatkan kendaraan yang mana tepat dengan harga jual yang tersebut sesuai.

Tips Beli Mobil Bekas

1. Tentukan Anggaran

Tips beli mobil bekas yang digunakan pertama dan juga terpenting adalah menentukan anggaran. Anggaran ini tidaklah hanya sekali mencakup nilai mobil, tetapi juga biaya tambahan seperti pajak, asuransi, biaya perawatan, kemudian perbaikan. 

Dengan mengetahui batas anggaran, maka akan membantu untuk menentukan mobil dan juga mengurangi Anda tergoda untuk membeli mobil dalam luar kemampuan finansial. 

2. Studi Mobil yang mana Diinginkan

Langkah selanjutnya adalah melakukan riset. Cari tahu tentang merek lalu model mobil yang mana diminati. Baca ulasan, perbandingan, serta cari tahu tentang kesulitan umum yang dimaksud banyak berlangsung pada model tersebut. 

Informasi ini dapat membantu Anda untuk menghasilkan langkah yang digunakan lebih besar baik dan juga mengelak mobil dengan hambatan yang dimaksud banyak terjadi.

3. Cek Riwayat Kendaraan

Sebelum membeli mobil bekas, satu hal yang penting dilaksanakan adalah memeriksa riwayat kendaraannya. Cobalah untuk minta laporan riwayat kendaraan yang mana ke pemilik sebelumnya. 

Misalnya apakah mobil pernah mengalami kecelakaan, lalu apakah ada klaim asuransi besar yang dimaksud pernah diajukan. Cek juga apakah mobil pernah mengalami banjir atau kecacatan besar lainnya yang kemungkinan besar bukan terlihat secara kasat mata.

4. Cek Pemeriksaan Fisik

Tips beli mobil bekas selanjutnya adalah melakukan pemeriksaan fisik menyeluruh pada mobil. Periksa bagian eksterior dan juga interior untuk mencari tanda-tanda kehancuran atau perbaikan yang dimaksud kurang rapi. 

Perhatikan karat, cat yang bukan rata, atau celah pada bodi mobil yang digunakan tak sejajar. Jangan lupa untuk memeriksa bagian bawah mobil untuk melakukan konfirmasi tak ada kebocoran atau kerusakan.

5. Uji Coba Mobil

Uji coba mobil adalah langkah penting di tahapan pembelian mobil bekas. Selama uji coba, perhatikan bagaimana mobil beroperasi. Dengarkan pendapat mesin, periksa sistem pengereman, juga rasakan kenyamanan suspensi. 

Pastikan semua fasilitas elektronik berfungsi dengan baik, seperti AC, sistem audio, lalu lampu. Uji mobil dalam beragam situasi jalan untuk menjamin performanya sesuai harapan.

6. Periksa Dokumen Kelengkapan Mobil

Pastikan semua dokumen legal mobil pada keadaan lengkap lalu sah. Periksa BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) kemudian STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) untuk menegaskan tiada ada kesulitan hukum. 

Jika Anda membeli dari dealer, pastikan merekan memberikan garansi dan juga surat jalan yang dimaksud resmi. Hal ini penting untuk mengelak kesulitan di kemudian hari.

7. Konsultasikan dengan Mekanik Profesional

Bagi pemula, bukan ada salahnya untuk berkonsultasi dengan mekanik profesional ketika ingin membeli mobil bekas. Mekanik bisa jadi membantu untuk melakukan inspeksi menyeluruh lalu memberikan pendapat yang digunakan objektif tentang kondisi mobil. 

8. Negosiasi Harga

Mobil bekas umumnya dijual dengan nilai tukar yang dimaksud tambahan rendah dibandingkan mobil baru. Jangan ragu untuk menegosiasikan harga. 

Dealer atau penjual pribadi biasanya bersedia untuk menurunkan nilai tukar jikalau Anda dapat memberikan alasan yang dimaksud masuk akal. 

RIZKI DEWI AYU

Artikel ini disadur dari 8 Tips Membeli Mobil Bekas untuk Pemula, Cek Kelengkapan Dokumen