Lifestyle

Batu Culture Festival 2024 Perkenalkan Budaya ke Anak Muda

17
×

Batu Culture Festival 2024 Perkenalkan Budaya ke Anak Muda

Sebarkan artikel ini

Jakarta – Batu Culture Festival 2024 yang dimaksud dijalankan pada 27 hingga 30 Juni 2024. Festival ini berisi bermacam pertunjukan seni juga budaya dinilai mampu berubah menjadi wadah pelestarian budaya dari wilayah Daerah Perkotaan Batu, Jawa Timur.

Penjabat (Pj) Wali Perkotaan Batu Aries Agung Paewai di Daerah Perkotaan Batu memaparkan bahwa kebudayaan adalah identitas yang mana akan bermetamorfosis menjadi warisan bagi anak cucu, sehingga wajib dilestarikan yang digunakan salah satunya melalui penyelenggaraan Batu Culture Festival 2024.

“Kebudayaan apabila hilang maka identitas negara mengambil bagian hilang. Kebudayaan adalah identitas kita yang dimaksud akan berubah menjadi warisan untuk anak cucu kita,” kata Aries pada puncak rangkaian Batu Culture Festival 2024, Ahad, 30 Juni 2024. 

Perkenalkan Budaya pada Generasi Muda

Menurutnya, kebudayaan yang ada ke wilayah Pusat Kota Batu, harus diperkenalkan terhadap generasi muda agar tiada tergerus zaman. Seluruh pihak satu di antaranya penduduk Perkotaan Batu, memiliki tanggung jawab yang dimaksud besar untuk melestarikan juga menyimpan kebudayaan.

“Kalau kebudayaan tidaklah kita jaga lalu rawat, juga tidak ada kita perkenalkan untuk anak cucu kita, maka dia tak akan mengetahui kebudayaan Pusat Kota Batu,” katanya.

Ia menambahkan, penyelenggaraan festival budaya itu diisi dengan berubah-ubah rangkaian itu, juga merupakan langkah untuk memperkenalkan prospek yang tersebut dimiliki oleh Perkotaan Wisata Batu. Ajang Batu Culture Festival, juga dinilai mampu berubah menjadi daya pikat para wisatawan yang digunakan berkunjung.

“Jangan pernah menyerah untuk memperkenalkan prospek yang digunakan dimiliki. Dari hal yang tersebut kecil, kita bisa saja merancang hal yang digunakan besar,” katanya.

Dimulai ketika Pandemi

Sementara itu, Ketua Dewan Kesenian Daerah Perkotaan Batu, Sunarto mengungkapkan bahwa pelaksanaan Batu Culture Festival yang ketiga kali tersebut, berubah menjadi pionir pekan kebudayaan setelahnya masa pandemi penyakit akibat penyebaran virus Corona.

“Kita mulai pada 2022 di dalam masa pandemi dengan semangat yang mana luar biasa, memulai pekan budaya wilayah pada Perkotaan Batu dengan tajuk Batu Culture Festival,” kata Sunarto.

Sunarto menambahkan, pada 2024, rangkaian Batu Culture Festival 2024 dimulai dengan Gumbinganesia yang mana dilaksanakan pada Kamis, (27/6) pukul 19.00 WIB. Gumbinganesia menampilkan atraksi mengejutkan dari kesenian khas Perkotaan Batu.

Batu Culture Festival, merupakan salah satu bentuk komitmen pemerintahan Pusat Kota batu pada melestarikan kemudian mengiklankan warisan budaya lokal Daerah Perkotaan Batu untuk generasi muda dan juga wisatawan yang dimaksud datang ke Perkotaan Batu.

ANTARA

Artikel ini disadur dari Batu Culture Festival 2024 Perkenalkan Budaya ke Anak Muda