Ekonomi

BCA Finance serta BCA Multifinance Bakal Merger, Target Kelar Pada 1 September 2024

11
×

BCA Finance serta BCA Multifinance Bakal Merger, Target Kelar Pada 1 September 2024

Sebarkan artikel ini
BCA Finance juga BCA Multifinance Bakal Merger, Target Kelar Pada 1 September 2024

Reporter: | Editor:

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. PT BCA Finance juga PT BCA Multi Finance mengumumkan akan melakukan penggabungan atau merger. Di mana, merger kedua anak usaha dari PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) ini ditargetkan rampung pada 1 September 2024.

Berdasarkan prospektus yang dimaksud diterbitkan ke KONTAN (1/7), semua aset BCA Multifinance akan segera dialihkan ke BCA Finance. Adapun, tujuan dari penggabungan dari dua entitas ini agar mampu memunculkan entitas yang digunakan lebih tinggi kokoh lalu efisien.

Keduanya memandang pembiayaan mobil bekas BCA Multifinance akan lebih besar optimal apabila digabungkan dengan BCA Finance. Sementara, pembiayaan motor yang mana selama ini hanya sekali dimiliki oleh BCA Multifinane nantinya akan menjadi hasil dari perusahaan hasil penggabungan.

“Penggabungan diharapkan akan menghasilkan kembali perusahaan hasil penggabungan yang mana unggul dan juga untuk selanjutnya meningkatkan kekuatan sikap grup perniagaan BCA di sektor pembiayaan Indonesia,” tulis prospektus tersebut.

Baca Juga:

Atas penggabungan tersebut, saham BCA Multifinance yang mana dimiliki oleh BCA akan ditukar dengan 4.296.119 saham di BCA Finance. Sebelumnya, BCA memiliki 225.000 saham di dalam BCA Multifinance.

Oleh karenanya, jumlah keseluruhan saham yang tersebut dimiliki BCA di dalam BCA Finance nantinya akan berubah menjadi sejumlah 103.872.044 saham. Untuk persentasenya tak berubah yaitu sekitar 99,59% lalu sisanya dimiliki oleh BCA Finance Limited.

Perubahan direksi pun akan muncul setelahnya aksi korporasi tersebut. Di mana, Direktur Utama dari BCA Multifinance, Herwandi Kuswanto akan masuk pada salah satu jajaran direksi di BCA Finance.

Berdasarkan laporan kedudukan keuangan proforma dari perusahaan hasil penggabungan, nantinya total aset yang tersebut dimiliki berubah jadi Mata Uang Rupiah 10,49 triliun per 31 Desember 2023. Sementara, laba bersih tahun berjalan ke periode yang mirip berubah jadi Mata Uang Rupiah 1,96 triliun.

Sementara itu, ada beberapa tantangan yang dimaksud telah lama dibahas oleh manajemen pada penggabungan tersebut, antara lain integrasi susunan organisasi lalu sumber daya manusia, integrasi operasional dari organisasi, serta mempertahankan karyawan-karyawan yang mana memengang peranan kunci pada organisasi.

Manajemen pun menegaskan seluruh kewajiban dan juga hak BCA Multifinance yang dimaksud harus dipenuhi terhadap serta oleh konsumen seluruhnya akan beralih demi hukum untuk BCA Finance setelahnya tanggal efektif penggabungan.

“Tidak ada inovasi layanan atau kegunaan pasca penggabungan yang telah lama dimiliki oleh konsumen BCA Multifinance,” tambah prospektus tersebut.

Baca Juga:

Secara rinci, langkah selanjutnya pasca pengumuman ini adalah memberi waktu pada kreditur yang tersebut hendak memberikan keberatan hingga batas waktu pada 15 Juli 2024. Selanjutnya, pada 15 Agustus 2024 akan direalisasikan RUPS partisipan penggabungan.

Selanjutnya:

Menarik Dibaca:

Cek Berita dan juga Artikel yang tersebut lain ke



Artikel ini disadur dari BCA Finance dan BCA Multifinance Bakal Merger, Target Kelar Pada 1 September 2024