Ekonomi

BTN: Jakim 2024 bentuk dukungan BTN untuk memasarkan “sport tourism”

15
×

BTN: Jakim 2024 bentuk dukungan BTN untuk memasarkan “sport tourism”

Sebarkan artikel ini
BTN: Jakim 2024 bentuk dukungan BTN untuk memasarkan “sport tourism”

kita ingin Ibukota Indonesia seperti kota-kota lain ke planet yang mana miliki perhelatan lari internasional, juga berubah menjadi kota yang mana bersih, tak berpolusi

Jakarta – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) menyampaikan event BTN Ibukota International Marathon (Jakim) 2024 merupakan bentuk dukungan bank yang disebutkan terhadap upaya Pemprov DKI memperkenalkan Ibukota sebagai kota yang digunakan memacu pariwisata olahraga (sports tourism).

Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu mengemukakan perputaran kegiatan ekonomi dari perhelatan olahraga internasional ini terlihat dari penuhnya okupansi hotel dalam DKI Jakarta oleh para turis olahraga. BTN pun mengapresiasi langkah otoritas Provinsi (Pemprov) DKI Ibukota yang tersebut terus berupaya menjadikan kota DKI Jakarta sebagai kota yang digunakan mendunia.

“Sebagai warga Jakarta, kita ingin Ibukota seperti kota-kota lain dalam planet yang digunakan miliki perhelatan lari internasional, dan juga berubah menjadi kota yang bersih, tiada berpolusi, serta indeks keseimbangan udaranya persis seperti kota-kota lain dalam dunia. Dengan begitu, warga DKI Jakarta berubah menjadi sehat,” kata Nixon melalui keterang tertulisnya dalam Jakarta, Minggu.

Nixon berharap BTN dapat melanjutkan dukungannya untuk kompetisi ini pada tahun 2025. Hal ini sejalan dengan cita-cita menjadikan Ibukota Indonesia sebagai kota sports tourism yang digunakan mendunia. Dia berharap total partisipan dapat mencapai lebih lanjut dari 20.000 pemukim dalam tahun depan.

“Seperti halnya di London Marathon lalu New York Marathon yang tersebut pesertanya mampu mencapai tambahan dari 50.000 orang, sehingga khalayak yang digunakan datang dapat sampai beratus-ratus ribu juga menggerakkan kegiatan ekonomi sepanjang satu hingga dua minggu,” kata dia.

Nixon mencatat BTN Jakim 2024 merupakan turnamen bergengsi kemudian berkelas dunia lantaran diakui oleh Badan Atletik Dunia, World Athletics, dengan predikat World Athletics Label Road Races.

Perseroan, ujar Nixon, berbangga serta bersyukur dapat dipercaya sebagai sponsor utama perhelatan ini setelahnya sukses mengadakan BTN Run 2023 pada tahun lalu.

Menurutnya, ini merupakan pertama kalinya DKI Jakarta mempunyai kompetisi lari yang mana paling bersih (clear), steril, teratur kemudian rapi.

“Kami mengucapkan terima kasih untuk Pemprov DKI, Polda Metro Jaya, Kodam Jaya, serta semua yang tersebut terlibat pada mengamankan dan juga menyelenggarakan acara ini,” ujar dia.

Sementara itu, Pj Pengelola DKI Ibukota Heru Budi Hartono mengemukakan bahwa komitmen Pemprov untuk menyimpan prinsip steril juga aman (safety) selama turnamen Jakim 2024 telah dilakukan terbukti. Dia berharap kualitas yang disebutkan dapat dijaga untuk perhelatan Jakim pada tahun-tahun berikutnya.

Sebagai informasi, BTN Jakim 2024 sukses diselenggarakan pada Hari Minggu dengan dihadiri oleh oleh sekitar 15.000 pelari yang dimaksud terbagi di tiga kategori yaitu 1.000 warga untuk Marathon (42K), 4.000 penduduk untuk Half Marathon (21K), kemudian sekitar 10.300 warga untuk 10K.

Ajang lari marathon yang diadakan untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-497 kota Ibukota Indonesia ini dimulai dengan flag off di kawasan Monas pada pukul 04.00 Waktu Indonesia Barat sebagai tanda dimulainya race dan berakhir atau finis di dalam pada Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan Jakarta.

Adapun penempatan garis finis di dalam di Stadion GBK merupakan yang tersebut pertama kalinya pada perhelatan lari pada Jakarta. Hal ini di rangka memberikan pengalaman yang unik dan juga berbeda bagi para peserta.

Para partisipan BTN Jakim 2024 bersaing untuk hadiah total sebesar Rp3 miliar, di antaranya grand prize sebuah rumah untuk kontestan yang berhasil memecahkan rekor marathon, khusus bagi Warga Negara Negara Indonesia (WNI).

Para pelari selama Kenya merajai kategori marathon untuk pria serta wanita pada kompetisi BTN Jakim 2024. Berikut daftar pemenang kategori marathon:

Pria
Juara 1: Geoffrey Kiprotich Birgen (Kenya)
Juara 2: Kiprop Tonui (Kenya)
Juara 3: Bililign Yimer Ali (Ethiopia)
Juara 4: Joseph Mwangi Ngare (Kenya)
Juara 5: Kenneth Kiprop Kipkemoi (Kenya)

Wanita
Juara 1: Sheila Jepkosgei Chesang (Kenya)
Juara 2: Careen Cheptoek Mwetich (Kenya)
Juara 3: Shauline Chepkirui Koech (Kenya)
Juara 4: Eunice Nyawira Muchiri (Kenya)
Juara 5: Hellen Nzembi Musyoka (Kenya)

Artikel ini disadur dari BTN: Jakim 2024 bentuk dukungan BTN untuk promosikan “sport tourism”