Entertainment

Busana Lisa BLACKPINK di MV Rockstar Diduga Meniru Karya Desainer Hal ini

13
×

Busana Lisa BLACKPINK di MV Rockstar Diduga Meniru Karya Desainer Hal ini

Sebarkan artikel ini

JakartaLisa BLACKPINK dituduh melakukan plagiarisme. Tuduhan  yang dimaksud terkait busana yang dimaksud digunakannya di video musik terbaru “ROCKSTAR” yang digunakan baru dirilis beberap hari lalu.

Dalam video tersebut, Lisa mengenakan berubah-ubah busana yang mana menampilkan dirinya sebagai rockstar. Salah satunya atasan berbentuk bintang yang digunakan diduga meniru karya desainer lain. 

Klaim plagiarisme

Klaim plagiarisme diketahui dari tangkapan layar berisi arahan antara desainer Yue Yang (yang menjalankan merek A1J) kemudian manusia pengguna yang tersebut dibagikan secara online dalam website Tiongkok xiaohongshu. Dalam arahan tersebut, desainer menjelaskan bahwa mereka itu belum pernah dihubungi tentang pemanfaatan desain yang dimaksud serta mereka itu terkejut bahwa grup Lisa sudah pernah menggunakan versi “rip-off”.

Desainer Yue Yang menjelaskan langkah-langkah pembuatan dress bintang pertama serta variasinya. Ternyata gaun yang dimaksud dibuat pertama kali pada tahun 2020. “Terinspirasi oleh budaya pemuda Beijing dan juga band rock&roll Tang Chao, gaun bintang ini dilukis tangan oleh saya selama masa pandemi pada waktu belajar ke london. Juga ada gaun merah pertama saya juga mendesain versi dermis hitam, versi hijau, setelah itu warna biru dan juga pelangi,” tulisnya. 

Dalam unggahan lainnya, Yue Yang mengutarakan bahwa desain tiruan dijual dengan nilai yang mana sangat lebih banyak terjangkau secara online. Sebagai penguat klaimnya, beliau membagikan foto yang mana menunjukkan kemiripan dengan desainnya melalui Instagram.Termasuk tampilan akhir lalu selebriti yang digunakan memakainya, salah satunya NingNing aespa.

Penyelidikan detail plagiarisme

Yue Yang ingin menyelidiki tambahan detail plagiarisme tersebut. Dia juga berjuang untuk menghubungi stylist yang tersebut jelas-jelas menurutnya meniru desain tersebut. Namun sampai ketika ini ia belum mendapat jawaban. 

Meskipun ia juga mengaku tidaklah memiliki hak cipta untuk desain yang dimaksud lantaran memakan waktu serta uang. “Saya tiada miliki kapasitas untuk mendaftarkan merek saya selama masa pandemi.  Terutama saya merancang juga menimbulkan pada London sementara sebagian besar karya “terinspirasi” lainnya dibuat ke tempat lain, ada perbedaan hukum di dalam bervariasi daerah,” ujarnya. 

Di akhir pernyataannya, ia mengaku mendapatkan ancaman sejak menyuarakan kegelisahannya melalui website xiaohongshu. Pihak LLOUD, agensi Lisa juga belum memberikan tanggapan terkait tuduhan ini.

KOREABOO

Pilihan editor: Lisa BLACKPINK Tunjukkan Atmosfer Rockstar di Teaser Klip Lagu Barunya

Artikel ini disadur dari Busana Lisa BLACKPINK dalam MV Rockstar Diduga Meniru Karya Desainer Ini