Berita

Cegah Abrasi, Alfamart Tanam 25.000 Bibit Mangrove dalam Muara Gembong

11
×

Cegah Abrasi, Alfamart Tanam 25.000 Bibit Mangrove dalam Muara Gembong

Sebarkan artikel ini
Cegah Abrasi, Alfamart Tanam 25.000 Bibit Mangrove di Muara Gembong

Jakarta

Alfamart memberikan kontribusinya terhadap pelestarian lingkungan. Salah satu yang diwujudkan yakni menyumbangkan 25.000 bibit pohon mangrove di Kecamatan Muara Gembong, Kota Bekasi, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

Corporate Affairs Director Alfamart, Solihin mengemukakan aksi CSR penyertaan 25.000 mangrove ini adalah rangkaian di menyambut Semarak Ulang Tahun Alfamart (SUA) ke-25.

Penanaman mangrove ini sebagai pembangunan ekonomi jangka panjang untuk kelestarian bumi, khususnya bagi warga Muara Gembong yang dimaksud terdampak dengan segera abrasi air laut.

“Penanaman 25.000 bibit pohon mangrove ini merupakan wujud komitmen Alfamart berkontribusi mempertahankan lingkungan,” kata Solihin di keterang tertulis, Akhir Pekan (30/6/2024).

“Hutan mangrove ini miliki peran yang digunakan sangat penting untuk mempertahankan keseimbangan lingkungan dalam wilayah pesisir, khususnya menjaga dari gelombang besar air laut yang dimaksud menyebabkan abrasi hingga ke pemukiman warga dalam sini,” imbuhnya.

ADVERTISEMENT

Dia menjelaskan kegiatan ini sejalan dengan penerapan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG). Prinsip yang dimaksud diterapkan Alfamart pada menjalankan praktik perusahaan berkelanjutan lalu bertanggung jawab terhadap lingkungan.

Solihin menambahkan Alfamart akan terus melakukan aktivitas-aktivitas mirip guna berkontribusi lebih tinggi pada melindungi kelestarian Bumi.

“Di tahun ini Alfamart berusia 25 tahun melayani Indonesia. Alfamart berharap pada usianya pada waktu ini sanggup terus berkontribusi untuk kelestarian lingkungan ke Nusantara tidak ada hanya sekali melalui investasi pohon, namun juga aksi berkelanjutan lainnya,” tutur Solihin.

Alfamart tanam 25.000 bibit mangrove ke BekasiAlfamart tanam 25.000 bibit mangrove ke Bekasi Foto: dok. Alfamart

PJ Pimpinan Daerah Daerah Bekasi, Dani Ramdan yang dimaksud diwakilkan oleh Kepala BAPPEDA, Agus Budiono mengungkapkan apresiasinya berhadapan dengan perhatian kemudian partisipasi Alfamart di penyetoran mangrove di Muara Gembong.

“Pemkab Bekasi mengapresiasi secara positif juga menyokong sepenuhnya kegiatan penyetoran mangrove oleh Alfamart dalam Desa Pantai Bahagia, Muara gembong. Upaya ini diharapkan menjadi bagian di rehabilitasi hutan mangrove yang miliki fungsi ekologi, yaitu untuk pencegahan terhadap abrasi air laut khususnya ke pemukiman warga dalam sini,” jelasnya.

Ketua Tim Sadar Wisata Alipbata, Sonhaji memaparkan penyertaan yang dimaksud direalisasikan Alfamart merupakan yang tersebut terbanyak hingga ketika ini di Muara Gembong. Ia merupakan ketua pengelola kawasan hutan mangrove di Desa Pantai Bahagia.

“Sampai pada waktu ini, Alfamart masih yang terbanyak menyumbangkan 25.000 bibit pohon Mangrove sekaligus di satu waktu ke satu lokas ini,” tutup Sonhaji.

Sebagai informasi, Desa Pantai Bahagia merupakan wilayah yang mengalami abrasi terparah yang dimaksud berada dalam pinggir Pantai Muara Gembong, dalam Kota Bekasi.

Data Pemkab Bekasi selama tahun 1988-2022, terbentuk pembaharuan garis pantai pada 13 zona Kecamatan Muaragembong, Bekasi. Delapan zona mengalami abrasi seluas 2.463,3 hektare, lima zona mengalami penambahan daratan 317,9 hektare.

Menurut penuturan warga setempat, dulunya wilayah ini merupakan pemukiman cukup padat dengan mayoritas penduduknya hidup dari hasil tambak dan juga nelayan. Namun, semenjak abrasi air laut menggenangi pemukiman mereka, saat ini sudah ada sejumlah warga yang mana berpindah meninggalkan rumahnya yang mana hancur juga tenggelam akibat abrasi air laut.

Untuk diketahui, Alfamart sudah menginvestasikan lebih besar dari 57.000 pohon ke lahan rawan abrasi ke berubah-ubah wilayah ke Tanah Air sejak empat tahun terakhir. Korporasi juga memakai sumber energi bersih terbarukan melalui pemanfaatan tenaga surya di dalam 20 kantor juga gudang.

Alfamart juga menyediakan prasarana penukaran elemen penyimpan daya motor listrik di lebih lanjut dari 500 toko dan juga berpartisipasi menyerukan setop kantong plastik dengan terus-menerus mengakibatkan tas ramah lingkungan ketika berbelanja.

(prf/ega)

Artikel ini disadur dari Cegah Abrasi, Alfamart Tanam 25.000 Bibit Mangrove di Muara Gembong