Olahraga

Didit Hediprasetyo Ungkap Inspirasi Desain Jersey Tim Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024 dari Lagu Berkibarlah Benderaku

10
×

Didit Hediprasetyo Ungkap Inspirasi Desain Jersey Tim Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024 dari Lagu Berkibarlah Benderaku

Sebarkan artikel ini

Jakarta – Komite Olimpiade Nasional (NOC) Nusantara resmi merilis jersey grup Negara Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024 pada hari ini Kamis, 4 Juli 2024. Terdapat dua desain yang mana dihadirkan, pertama bernuansa merah putih serta kedua full warna hitam dengan sedikit aksen merah putih pada bagian lengan.

Desainer jersey tim Negara Indonesia Didit Hediprasetyo mengungkapkan desain yang dimaksud terinspirasi dari lagu nasional berjudul ‘Berkibarlah Benderaku.’ Ia berharap dengan jersey yang dimaksud para atlet dapat berjuang meraih prestasi terbaik.

“Jadi waktu itu saya cari kreasi koleksi gitu serta waktu itu sempet research. Akhirnya nemuin dengerin lagu ‘Berkibarlah Benderaku’ Ya, itulah inspirasi dari koleksi jersey Merah Putih ini,” ujar putra presiden terpilih, Prabowo Subianto itu pada acara peluncuran dalam Nusantara Garden, Darmawangsa, Ibukota Selatan, Kamis, 4 Juli 2024.

Konferensi pers peluncuran jersey grup Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024 di dalam Nusantara Garden, Darmawangsa, Ibukota Indonesia Selatan, Kamis, 4 Juli 2024. TEMPO/Randy

Peluncuran jersey grup Nusantara untuk Olimpiade Paris 2024 dibuat dengan konsep pameran yang digunakan menggabungkan seni fotografi kemudian seni rupa. Selain para atlet, terdapat beberapa model lain dari kalangan artis, seperti Ario Bayu, Mawar Eva De Jongh, hingga mantan atlet sepeda Rio Haryanto.

Selain jersey utama, koleksi pakaian untuk para atlet selama berlaga di dalam Paris juga mencakup t-shirt, shirt pants, dan track pants. Tiap itemnya akan menyesuaikan dengan cabang olahraga dengan keinginan busana berbeda, seperti rowing, gymnastic, atletik, atau bulu tangkis.

Chef de Mission grup Nusantara untuk Olimpiade Paris 2024 Anindya Bakrie mengapresiasi desain jersey yang dimaksud dibuat Didit Hediprasetyo. Ia berharap dengan jersey yang dimaksud para atlet semakin percaya diri untuk meraih prestasi. “Desainya juga keren, menimbulkan kepala kita tegak pada saat mesti istilahnya defile atau bersaing dengan kontingen-kontingen lain.”

“Saya yakin ini akan diminati berbagai pemukim juga menciptakan para atletnya berubah jadi semakin percaya diri serta semangat untuk mengungguli pertandingan-pertandingan pada depan,” kata ia menambahkan.

Jersey tim Indonesi untuk Olimpiade Paris 2024. TEMPO/Randy

Tim Indonesia akan diwakili 29 atlet dari 12 cabang olahraga ke Olimpiade Paris 2024. Ajang multi-event olahraga terbesar di bumi itu 26 Juli hingga 11 Agustus 2024 mendatang. NOC sendiri hingga ketika ini belum secara resmi menentukan target minimal yang tersebut mesti dicapai para kontingen.

Artikel ini disadur dari Didit Hediprasetyo Ungkap Inspirasi Desain Jersey Tim Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024 dari Lagu Berkibarlah Benderaku