Olahraga

FPTI Targetkan Panjat Tebing Raih Dua Medali Emas di Olimpiade Paris 2024

7
×

FPTI Targetkan Panjat Tebing Raih Dua Medali Emas di Olimpiade Paris 2024

Sebarkan artikel ini

Jakarta – Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Nusantara (FPTI) Yenny Wahid mengungkapkan target yang dimaksud ditetapkan pihaknya untuk atlet panjat tebing pada Olimpiade Paris 2024. Ia ingin delegasi yang mana berangkat minimal dapat menyumbang dua medali emas.

“Minimal dua (medali) emas. Doakan semoga dapat dua,” ujar beliau pada waktu ditemui di sela-sela acara peluncuran jersey tim Tanah Air untuk Olimpiade Paris 2024 di dalam Nusantara Garden, Darmawangsa, Ibukota Indonesia Selatan, Kamis, 4 Juli 2024.

Cabang olahraga panjat tebing akan diwakili empat atlet yang akan turun pada nomor pertandingan speed putra juga putri. Adapun dua atlet putra yang tersebut akan berkompetisi adalah Rahmad Adi Mulyono serta Veddriq Leonardo, sementara untuk atlet putrinya adalah Desak Made Rita Kusumadewi serta Rajjah Sallsabillah.

Rahmad Adi Mulyono kemudian Desak Made Rita Kusuma Dewi lebih besar dulu lolos melalui Asian Qualifier dalam Ibukota Indonesia tahun 2023 lalu IFSC World Championships 2023 ke Bern, Swiss. Sementara Veddriq Leonardo lalu Rajiah Sallsabillah mengamankan tiket lewat kualifikasi Olimpiade seri kedua dalam Budapest, Hungaria, Sabtu, 22 Juni 2024.

Yenny membeberkan persiapan para delegasi panjat tebing pada waktu ini berjalan lancar. Ada dua aspek yang tersebut berubah jadi fokus utama, yaitu fisik juga mental. “Persiapan fisik dan juga persiapan mental oleh sebab itu atlet kita kan sudah ada kategori atlet elit dunia, persiapan fisik semata tidak ada cukup, harus persiapan mental.”

“Kalau yang dimaksud saya lihat, dari empat atlet yang digunakan lolos ini cukup stabil secara mental kemudian telah merajai podium internasional. Jadi tiada kagetan. Saya rasa mereka itu sudah ada siap untuk berubah menjadi juara dunia pada Olimpiade,” kata ia menambahkan.

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu mengungkapkan empat delegasi panjat tebing di dalam Olimpiade Paris 2024 melakoni acara latihan dengan intensitas yang dimaksud berbeda dari atlet lainnya. Nantinya, selain empat delegasi yang mana akan datang bertanding, ada atlet lain yang digunakan akan diikutsertakan pada tim untuk memberi semangat terhadap mereka.

Pertandingan cabang olahraga panjat tebing di Olimpiade Paris 2024 akan dilaksanakan di Le Bourget Sport Climbing Venue, Bourget, Seine-Saint Denis mulai 5-10 Agustus 2024.

Artikel ini disadur dari FPTI Targetkan Panjat Tebing Raih Dua Medali Emas di Olimpiade Paris 2024