Ekonomi

Gorontalo menyelenggarakan Pesona 2024 kembangkan kegiatan ekonomi syariah

14
×

Gorontalo menyelenggarakan Pesona 2024 kembangkan kegiatan ekonomi syariah

Sebarkan artikel ini
Gorontalo menyelenggarakan Pesona 2024 kembangkan kegiatan dunia usaha syariah

Kami juga menyokong penuh pengembangan habitat halal value chain pada beraneka sektor.

Kota Gorontalo – Sinergi bervariasi instansi mengadakan Pekan Sektor Bisnis Syariah Tahun 2024 di Universitas Negeri Pusat Kota Gorontalo pada rangka mengembangkan kegiatan ekonomi syariah di Provinsi Gorontalo, Sabtu.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Negara Indonesia (BI) Provinsi Gorontalo Dian Nugraha menyatakan Pesona merupakan kerja sebanding otoritas Provinsi Gorontalo, Komite Daerah Sektor Bisnis lalu Keuangan Syariah (KDEKS), BI, Universitas Negeri Gorontalo, Halal Center Universitas Muhammadiyah Gorontalo, juga Himpunan Sektor Bisnis lalu Bisnis Pesantren Provinsi Gorontalo.

"Sinergi yang tersebut terjalin ini kami harapkan bukan cuma menguatkan hubungan antarlembaga, tetapi juga meningkatkan kekuatan upaya kita pada mengembangkan ekonomi syariah di dalam Provinsi Gorontalo," ujar Dian.

Ia menjelaskan, Pesona Gorontalo mengusung bermacam kegiatan penting, seperti literasi dan juga edukasi dunia usaha syariah, sertifikasi item halal, pameran produk-produk UMKM, juga berubah-ubah hiburan rakyat.

"Bank Tanah Air sendiri akan terus-menerus berjanji untuk membantu pemerintah di pengembangan perekonomian daerah, salah satunya adalah pengembangan UMKM dan juga perekonomian juga keuangan syariah," kata Dian.

Dian mengungkapkan jikalau BI menekankan pentingnya prinsip-prinsip tujuan syariah, yang tersebut bertujuan untuk mencapai kebahagiaan dan juga kesejahteraan umat manusia.

Prinsip yang dimaksud mencakup melindungi agama, jiwa, akal, keturunan, serta harta. Sektor Bisnis syariah sendiri adalah pendekatan yang tersebut didasarkan pada keadilan, keseimbangan, kemudian kemaslahatan dimana nilai-nilai itu ditanamkan pada kegiatan Pesona Gorontalo 2024.

BI juga, kata Dian, turut juga mengupayakan program-program pemerintah pada pengembangan keuangan sosial syariah yang mencakup zakat, infak, sedekah, lalu wakaf.

Instrumen keuangan sosial itu, menurut dia, mempunyai peran penting di mengupayakan perekonomian, mengempiskan kemiskinan, juga meningkatkan kesejahteraan sosial. Kami mengimbau partisipasi terlibat dari seluruh elemen komunitas pada memanfaatkan instrumen-instrumen ini untuk kebaikan bersama.

"Kami juga menggalang penuh pengembangan biosfer halal value chain pada beraneka sektor, termasuk pangan, fesyen, pariwisata, lalu lain-lain. Penguraian ini diharapkan dapat menciptakan habitat sektor ekonomi yang mana lebih tinggi inklusif serta berkelanjutan," kata beliau lagi.

Dian Nugraha berharap kerja serupa yang tersebut baik dapat terus terjalin, sehingga dapat mengupayakan pengembangan perekonomian syariah nasional dan juga Provinsi Gorontalo.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Nusantara (BI) Provinsi Gorontalo Dian Nugraha (kiri) dengan pelaku UMKM pada Pekan Sektor Bisnis Syariah (PESONA) tahun 2024 di dalam Universitas Negeri Gorontalo, Daerah Perkotaan Gorontalo, Gorontalo, Hari Sabtu (29/6/2024). ANTARA/Adiwinata Solihin

Artikel ini disadur dari Gorontalo menggelar Pesona 2024 kembangkan ekonomi syariah