Olahraga

Hasil Final Four Proliga 2024: Kejutan Terjadi, Pertamina Enduro Kalahkan Ibukota BIN

11
×

Hasil Final Four Proliga 2024: Kejutan Terjadi, Pertamina Enduro Kalahkan Ibukota BIN

Sebarkan artikel ini

Jakarta – Tim voli putri Ibukota Indonesia Pertamina Enduro meraih kemenangan perdana pada laga pembuka final four seri pertama Proliga 2024. Bertanding dalam GOR Bung Tomo Surabaya, Kamis, 4 Juli, mereka menimbulkan kejutan dengan mengalahkan DKI Jakarta BIN dengan skor 3-1 (25-23, 25-23, 22-25, 25-22).

Dalam dua penghadapan sebelumnya ke sesi reguler, Pertamina Enduro setiap saat kalah dengan skor telak 0-3 dari Ibukota BIN. Pelatih kepala Eko Waluyo mengungkapkan kunci kemenangan anak asuhnya.

“Kami sudah ada evaluasi setelahnya berakhirnya putaran reguler. Saya cuma menekankan terhadap para pemain untuk bermain rileks juga lepas, jangan berbagai menyebabkan kesalahan,” kata Eko Waluyo usai laga, seperti disitir dari keterangan tim media.

Pertandingan berlangsung ketat sejak set pertama. Selisih poin kedua tim tidak ada pernah tambahan dari tiga. Pertamina sempat tertinggal 17-19, tapi berhasil menyamakan skor 22-22. Kemudian mereka itu berbalik unggul setelahnya Ibukota BIN tidaklah bagus di penerimaan servis serta merebut dua poin terakhir.

Pada set kedua, perolehan hitungan kedua regu berlangsungvketat. Ibukota BIN berupaya menekan lewat serangan Megawati Hangestri, Kara Bajema dan juga Kenia Carcares. Namun, sebagian kesalahan justru menciptakan BIN kembali harus kalah pada poin-poin kritis sehingga skor 23-25.

Setelah tertinggal dua set, Ibukota Indonesia BIN bangkit pada set ketiga. Penerimaan bola servis yang digunakan mulai membaik serta pertahanan rapat menghasilkan Ibukota Indonesia BIN unggul cukup sangat jauh 16-12 pada waktu technical time out kedua. Mereka mampu pergi dari dari tekanan pada waktu Pertamina menipiskan skor 22-23 serta mengambil set ini dengan skor 25-22.

Kebangkitan DKI Jakarta BIN pada set ketiga ternyata bukan berlanjut pada set keempat. Mereka selalu tertinggal pada perolehan poin dari Pertamina Enduro yang tersebut tampil solid lewat serangan Ivana Vanjak, Polina Shemanova dan juga Hani Budiarti. Penggagas Akhir Proliga 2023 itu akhirnya menyudahi pertandingan setelahnya smes menyilang Hani Budiarti meluncur mulus ke lapangan permainan lawan.

Secara keseluruhan Hani Budiarti membukukan 15 poin kemudian poin terbanyak disumbangkan Polina Shemanova dengan 24 angka. Sedangkan dari kubu Ibukota BIN,  Kara Bajema mencetak 29 hitungan juga Megawati dengan 24 angka.

Hani mengaku sempat merasa tegang sebelum pertandingan. Namun, dia dapat mengatasi itu. 

“Memang ada sedikit tegang sebelum pertandingan, apalagi kita selalu kalah dari Ibukota Indonesia BIN. Namun, regu pembimbing serta manajemen memohonkan para pemain tampil lepas dan juga jangan terbebani,” kata Hani selaku kapten regu Pertamina Enduro.

Menurut Eko Waluyo, kemenangan yang dimaksud diraih anak asuhnya mampu menambah motivasi kemudian mental berjuang mereka itu untuk menghadapi laga final four berikutnya.

Chief de mission grup Pertamina Enduro, Werry Prayogi berharap kemenangan ini berlanjut dalam laga-laga berikutnya. “Harapan kita seperti itu,” kata pria yang mana juga menjabat sebagai Dirut PT Pertamina Lubricant untuk wartawan.

Sementara, Asisten Manajer DKI Jakarta BIN, Labib mengakui timnya bukan bermain di performa terbaik. Para pemainnya banyak melakukan kesalahan sendiri yang tersebut menguntungkan lawan.

“Receive (penerimaan bola servis) kami tiada jalan, jadi susah untuk mendirikan serangan. Dan saya kira lawan juga telah mengawasi kelemahan kita dari dua kali pertarungan sebelumnya,” ujarnya.

Setelah laga ini, Ibukota Indonesia BIN akan menghadapi Electric PLN pada Jumat, 5 Juli 2024. Sementara, Pertamina Enduro akan bertemu dengan Popsivo Polwan pada hari yang sama. 

Artikel ini disadur dari Hasil Final Four Proliga 2024: Kejutan Terjadi, Pertamina Enduro Kalahkan Jakarta BIN