Berita

Hasto Siap Kembali Diperiksa KPK Terkait Harun Masiku pada Juli

9
×

Hasto Siap Kembali Diperiksa KPK Terkait Harun Masiku pada Juli

Sebarkan artikel ini
Hasto Siap Kembali Diperiksa KPK Terkait Harun Masiku pada Juli

Jakarta

Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, siap memenuhi pemeriksaan kembali sebagai saksi perkara suap dengan terdakwa Harun Masiku pada bulan Juli 2024. Hasto mengaku siap hadir di pemanggilan KPK.

“Ya siap. Moga-moga lantaran nanti saya direncanakan tanggal 4 Juli itu ada ujian acara doktoral saya. Yang kedua, kemudian baru masuk ujian tertutup, baru iklan terbuka nantinya,” kata Hasto di dalam GBK, Senayan, Jakarta, Akhir Pekan (30/6/2024).

Hasto mengaku siap hadir di pemanggilan KPK di sela-sela kegiatannya. “Moga-moga mampu bulan Agustus, sehingga pada sela-sela itu tentu semata saya siap, ya, untuk menghadiri,” tuturnya.

KPK diketahui sudah memeriksa Hasto Kristiyanto sebagai saksi tindakan hukum suap dengan terperiksa Harun Masiku. Hasto akan diperiksa kembali di dalam tindakan hukum itu pada bulan depan.

“Saya diberi tahu akan dipanggil lagi,” kata Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata, di binaan Merah Putih KPK, DKI Jakarta Selatan, Rabu (12/6).

ADVERTISEMENT

Hasto sudah diperiksa penyidik KPK pada Mulai Pekan (10/6). Hal ini ketiga kalinya Hasto diperiksa dalam tindakan hukum Harun pasca Sekjen PDIP itu sebelumnya menjalani pemeriksaan pada Januari lalu Februari 2020.

Namun pemeriksaan Hasto di awal pekan ini belum rampung. Sekjen PDIP itu mengaku baru diperiksa selama 90 menit oleh penyidik KPK dan juga belum masuk ke pokok perkara.

Alex mengungkapkan pihak Hasto sudah pernah menyatakan akan hadir lagi pada pemeriksaan selanjutnya dalam KPK terkait perkara Harun. Hasto, kata Alex, bahkan sudah pernah memohonkan diperiksa pada bulan depan.

“Pak Hasto sendiri yang dimaksud akan datang sendiri jadi nggak perlu panggilan kalau nggak salah bulan Juli yang bersangkutan minta dijadwalkan,” tutur Alex.

Selain itu, Alex memaparkan pihaknya belum melakukan pencegahan terhadap pihak terkait perkara Harun Masiku. Alex mengaku penyidik KPK telah lama memohon Hasto masuk daftar cegah, tapi pimpinan menganggap pencegahan itu belum harus dikerjakan sekarang.

“Cegah itu kan pasti kita asses kira-kira ada kemungkinan yang dimaksud bersangkutan kabur atau tidak. Kalau saksi itu kooperatif apalagi Pak Hasto sendiri memaparkan akan hadir gunanya apa dicegah,” ucap Alex.

(rfs/rfs)

Artikel ini disadur dari Hasto Siap Kembali Diperiksa KPK Terkait Harun Masiku pada Juli