Berita

HUT Bhayangkara ke-78, Sandiaga: Polri Semakin Presisi Ciptakan Rasa Aman

9
×

HUT Bhayangkara ke-78, Sandiaga: Polri Semakin Presisi Ciptakan Rasa Aman

Sebarkan artikel ini
HUT Bhayangkara ke-78, Sandiaga: Polri Semakin Presisi Ciptakan Rasa Aman

Jakarta

Menteri Peluang Usaha Pariwisata dan juga Kondisi Keuangan Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, mengucapkan selamat HUT Bhayangkara ke-78 tahun 2024. Sandiaga pun menyampaikan harapan agar Polri semakin Presisi di menciptakan rasa aman, khususnya untuk destinasi wisata Indonesia.

“Izinkan saya mewakili jajaran keluarga besar kementrian pariwisata serta ekonomi kreatif mengucapkan selamat Hari Bhayangkara ke-78 tahun 2024. ‘Polri Presisi Menggalang Percepatan Transformasi Sektor Bisnis Yang Inklusif Dan Berkelanjutan Menuju Indonesi Emas’,” kata Sandiaga di keterangannya, Akhir Pekan (30/6/2024).

Sandiaga memaparkan di menjalankan tugas pelayanan untuk mayarakat ke bidang kepariwisataan serta ekonomi kreatif, peran kepolisian sangat penting dan juga utama. Kenyamanan masyarakat berlibur sangat ditentukan oleh keamanan semua destinasi wisata yang digunakan ada dalam Tanah Air.

“Polisi bahu membahu dengan seluruh insan pariwisata menciptakan kenyamanan tersebut. Bebas dari kejahatan, bersih dari premanisme, perundungan, bebas dari pengaruh narkoba dll,” imbuhnya.

Terlebih, kata dia, pengembangan pelayanan polisi, khususnya pariwisata di destinasi-destinasi prioritas, menambah nuansa baru pada penyelenggaraaan pariwisata Indonesia. Demikian juga dengan penyelenggaraan event-event kegiatan ekonomi kreatif dalam seluruh Indonesia, mulai dari skala kecil di dalam desa desa, meningkat ke level kota/kabupaten sampai yang mana berskala nasional dan juga internasional, insan-insan event kreatif setiap saat berinteraksi dengan kepolisian negara republik Indonesia.

ADVERTISEMENT

Mulai dari perijinan terpadu digital lalu pengamanan venue venue kegiatan serta para pengisi acaranya. Di sub sektor musik dan juga seni pertunjukan, Presiden RI Bapak Joko Widodo (Jokowi) baru semata meluncurkan digitalisasi rute perizinan yaitu online single submission (OSS).

Digitalisasi proses perizinan yang disebutkan diharapkan mampu memberikan kemudahan pengurusan izin bagi para pelaksana acara yang mana diharapkan memberikan kepastian juga kecepatan waktu bagi para pelopor event untuk menyelenggarakan acara yang dimaksud dimana Polri bermetamorfosis menjadi garda terdepan pada serangkaian pengamanan.

“Di mana ada event, ke sana ada Bapak serta Ibu Polisi kita,” imbuh dia.

Di balik event yang mana sukses besar, dalam sana pula peran sukses kepolisian merawat keamanan kegiatan. Dalam praktek ini semboyan HUT ke-78 tahun ini berubah jadi sangat relevan, Presisi mengawal jadwal keparisataan kemudian sektor ekonomi kreatif, menghasilkan sektor ekraf berubah menjadi transformatif.

“Berdasarkan TTDI 2024, Tanah Air menempati peringkat 22, naik 10 peringkat dari sebelumnya. Indikator TTDI yang berkaitan dengan peran POLRI adalah Keselamatan kemudian Keselamatan (Safety & Security), juga Negara Indonesia memperoleh skor 5,77. Angka ini menunjukkan hasil cukup baik, dimana rata-rata skor Pilar ini ke Asia Pasifik 5,70 yang digunakan menunjukan adanya perbaikan kemudian pengembangan juga kerja keras Polri untuk meningkatkan pelayanan lalu keamanan” ujar Sandiaga.

Sandiaga menganggap kepuasan yang digunakan sangati besar dari penduduk pada institusi kepolisian yang tersebut terekam dari lembaga survei kredibel Litbang Kompas juga LSI adalah kerja resultan dari semua unsur kepolisian. Bukan hanya saja dari sisi penegakkan hukum yang mana setiap saat penuh dengan pro kontra, tapi unsur non pegekan hukum, seperti kerja sebanding dengan bermacam unsur warga pada ranah ranah khusus.

“Dalam biosfer parisiwisata juga sektor ekonomi kreatif, polisi adalah bayangkara negara yang mana berubah menjadi mitra strategis untuk menjaga pertumubuhan pesat ekonomi Negara Indonesia dalam dua sektor ini,” ujarnya

“Dirgahayu Bhayangkaraku ke-78. Tiada pariwisata serta dunia usaha sukses tanpa kepolisian negara ri yang digunakan sukses mengayomi, juga melindungi,” sambung dia.

(maa/knv)

Artikel ini disadur dari HUT Bhayangkara ke-78, Sandiaga: Polri Semakin Presisi Ciptakan Rasa Aman