Lifestyle

Ingin Kuliah ke 5 PTN Favorit Indonesia? Cek Biaya yang Perlu Disiapkan

14
×

Ingin Kuliah ke 5 PTN Favorit Indonesia? Cek Biaya yang Perlu Disiapkan

Sebarkan artikel ini

Jakarta – Buat para lulusan sekolah menengah berhadapan dengan yang mana ingin meneruskan studi ke bangku kuliah, ada beberapa hal yang digunakan harus dipertimbangkan di memilih kampus. Contohnya kualitas, jarak, akreditasi, lalu yang mana tak kalah penting adalah biaya. Kampus negeri masih menjadi favorit sebab dinilai berbiaya lebih banyak ekonomis serta kualitasnya bagus. 

Webometrics baru-baru ini mengeluarkan daftar perguruan lebih tinggi negeri (PTN) Indonesi yang dimaksud menduduki peringkat teratas. Berikut lima PTN favorit beserta biaya kuliah rata-rata.

Universitas Tanah Air (UI)
UI mempunyai beberapa acara pendidikan, mulai dari diploma/vokasi, sarjana, magister, lalu doktor. Anda mampu memilih kegiatan mana yang digunakan akan disertai juga biaya akan menyesuaikan, tergantung kegiatan yang dimaksud dipilih. Bagi pelajar baru jenjang sarjana reguler, UI mempunyai sistem pembiayaan yang dimaksud disebut Biaya Operasional Pendidikan (BOP) yang dimaksud mencakup semua komponen biaya yang dimaksud telah dilakukan dialokasikan untuk penyelenggaraan, pembinaan, dan juga pengembangan pendidikan.

Tarif BOP disesuaikan dengan kemampuan pemukim tua atau wali calon mahasiswa, dibagi pada dua klasifikasi, yaitu BOP Berkeadilan (BOP-B) kemudian BOP Pilihan (BOP-P). Biaya yang mana yang dimaksud harus dibayarkan pada per individu BOP dibagi di beberapa kelas. Dalam BOP-B pada rumpun Sains Teknologi lalu Kesejahteraan (SAINTEK), biaya Kelas 1 berada ke kisaran Simbol Rupiah 0-2 juta, kelas 2 Mata Uang Rupiah 2-4 juta, kelas 3 Rupiah 4-6 juta, lalu kelas 4 Mata Uang Rupiah 6-7,5 juta. Pada rumpun Sosial juga Humaniora (SOSHUM) biaya Kelas 1 berada dalam kisaran Simbol Rupiah 0-1,5 juta, kelas 2 Mata Uang Rupiah 1,5-3 juta, kelas 3 Rupiah 3-4 juta, lalu kelas 4 Rupiah 4-5 juta. 

Sedangkan pada BOP-P pada rumpun Sains Teknologi serta Kesejahteraan (SAINTEK) biaya Kelas A berada di dalam bilangan bulat Simbol Rupiah 10 juta, kelas B Simbol Rupiah 12,5 juta, kelas C Mata Uang Rupiah 15 juta. Untuk Rumpun Sosial lalu Humaniora (SOSHUM) biaya Kelas A berada pada hitungan Rupiah 7,5 juta, kelas B Mata Uang Rupiah 10 juta, kelas C Rupiah 12,5 juta.

Universitas Gadjah Mada (UGM)
UGM di dalam Yogyakarta menawarkan bervariasi kegiatan studi dari tingkat sarjana hingga doktoral. Dengan sistem UKT yang dimaksud diterapkan, biaya sekolah dalam UGM bisa saja menyesuaikan kemampuan kegiatan ekonomi pendatang tua mahasiswa. Selain itu, UGM menyediakan bervariasi beasiswa bagi pelajar berprestasi juga yang mana membutuhkan. Kisaran biaya dalam UGM rata-rata mulai dari Rupiah 500 ribu-7 juta. Untuk biaya UKT termahal ada ke bilangan bulat Simbol Rupiah 20 jt pada Fakultas Medis Gigi.

Institut Teknologi Bandung (ITB)
Mahasiswa ITB yang tersebut telah lama diterima melalui jalur penerimaan peserta didik reguler (SNBP, SNBT, dan juga Seleksi Mandiri ITB) diwajibkan  membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) pada setiap awal semester. Skor UKT yang tersebut ditetapkan ITB bagi pelajar inisiatif sarjana reguler berkisaran Mata Uang Rupiah 500 ribu-14,5 juta, tergantung acara studi lalu jalur yang dimaksud dipilih.

Universitas Brawijaya
Universitas Brawijaya terletak pada Perkotaan Malang juga menjadi incaran banyak calon pelajar oleh sebab itu miliki berbagai jurusan sehingga mempunyai biaya lembaga pendidikan yang digunakan beragam. Kisaran biaya ke UB rata-rata mulai dari Mata Uang Rupiah 500 ribu hingga Rupiah 9,5 juta. Untuk biaya UKT termahal ada di Simbol Rupiah 23 jt pada inisiatif studi Kedokteran.

Universitas Airlangga (UNAIR)
UNAIR berada ke Surabaya, Jawa Timur, merupakan salah satu universitas terbaik dengan pilihan acara studi yang digunakan beragam. Biaya perkuliahan atau UKT pada UNAIR berkisar Simbol Rupiah 500 ribu-20 juta, tergantung inisiatif studi juga kemampuan biaya yang dimaksud akan disesuaikan nantinya.

Artikel ini disadur dari Ingin Kuliah di 5 PTN Favorit Indonesia? Cek Biaya yang Perlu Disiapkan