Olahraga

Jenazah Atlet Bulu Tangkis Zhang Zhi Jie Masih Tersimpan pada Ruang Pendingin RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

15
×

Jenazah Atlet Bulu Tangkis Zhang Zhi Jie Masih Tersimpan pada Ruang Pendingin RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

Sebarkan artikel ini

Yogyakarta – Jenazah atlet bulu tangkis jika Cina, Zhang Zhi Jie masih berada pada Unit Instalasi Kesehatan Forensik RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta hingga Kamis 4 Juli. 

Pebulu tangkis tunggal putra berusia 17 tahun itu meninggal pada Minggu, 30 Juni 2024, setelahnya mengalami kolaps di lapangan saat berlaga pada kompetisi BNI Badminton Asia Junior Championships 2024 di GOR Amongrogo Yogyakarta.

“Masih di dalam ruang pendingin seperti kemarin-kemarin,” kata Manajer Hukum kemudian Humas RSUP Dr Sardjito Banu Hermawan Kamis.

Belum diketahui pasti mengapa jenazah itu belum diambil pihak keluarga lalu dipulangkan ke negaranya. Kakak Zhang Zhi Jie dikabarkan telah lama tiba di Yogyakarta sejak Selasa, 2 Juli 2024. Dia datang tanpa didampingi pemukim tuanya.

Zhang Zhi Jie. (Foto: Badminton Asia)

Pihak rumah sakit, kata Banu, tidak melakukan tindakan apapun terhadap jenazah Zhang Zhi Jie sebelum pihak keluarga ataupun organisasi PBSI mengambilnya. “Prinsipnya kami hanya sekali menanti apa yang diinstruksikan oleh keluarga almarhum atau PBSI,” kata dia. “Tidak ada tindakan apapun terhadap jenazah, masih dalam ruang freezer.”

Banu juga belum bisa saja menjamin kapan rencana jenazah akan diambil pihak keluarga atau PBSI. “Jadi kami nanti akan dikabari juga, intinya kami masih menanti kabar selanjutnya,” ujarnya.

Konferensi tentang meninggalnya pebulutangkis Cina Zhang Zhi Jie di lantai 2 GOR Amongrogo Yogyakarta, Senin, 1 Juli 2024. Dari kiri: tim medis RSUP Sardjito dokter spesialis jantung juga paru Nahar Taufiq, Kabid Humas dan juga Media Massa PP PBSI Broto Happy, lalu Wakil Kepala RSPAU Hardjolukito dokter spesialis jantung Imam Muslim. TEMPO/Pito Agustin Rudiana

Sebelunya, pada konferensi pers sehari pasca meninggalnya Zhang Zhi Jie, Kepala Sektor Humas lalu Industri Media Pengurus Pusat PBSI Broto Happy mengemukakan akan membantu mengurus pemulangan jenazah atlet bulu tangkis Cina itu ke negaranya.

“Proses pengembalian jenazah ke negara dengan syarat akan kami tanggung penuh juga kawal hingga selesai,” kata Broto.

Artikel ini disadur dari Jenazah Atlet Bulu Tangkis Zhang Zhi Jie Masih Tersimpan di Ruang Pendingin RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta