Internasional

Kaesang Bicara Kesempatan Maju ke Pilgub Jakarta: Tunggu Kejutan pada Periode Agustus

20
×

Kaesang Bicara Kesempatan Maju ke Pilgub Jakarta: Tunggu Kejutan pada Periode Agustus

Sebarkan artikel ini
Kaesang Bicara Kesempatan Maju ke Pilgub Jakarta: Tunggu Kejutan pada Periode Agustus

JAKARTA – Ketua Umum Partai Solidaritas Negara Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep angkat bicara terkait potensi dirinya forward pada Pemilihan Kepala Daerah Ibukota Indonesia 2024 . Ia meminta-minta rakyat memunggu pada Agustus 2024 mendatang.

“Kalau ditanya saya progresif atau tidak, tunggu kejutannya di dalam bulan Agustus,” kata Kaesang ketika ditemui di dalam Kantor DPP PSI, DKI Jakarta Pusat, Selasa (4/6/2024).

Untuk diektahui, KPU membuka pendaftaran pasangan calon kepala tempat pada Selasa hingga Kamis, 27-29 Agustus 2024.

Kaesang juga menanggapi putusan Mahkamah Agung (MA) yang mana memperluas tafsir persyaratan usia calon kepala tempat di Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 9 Tahun 2020. Menurutnya, putusan MA membuka prospek dirinya untuk progresif di kontestasi pemilihan gubernur DKI Jakarta 2024. Namun demikian, ia berkata, putusan itu belum diubah ke PKPU.

“Jadi ini kan kalau kita lihat dulu. Kalau mengamati dari peraturan yang kemarin diubah pada MA, saya memungkinkan untuk maju. Tapi itu kan belum masuk ke PKPU,” kata Kaesang.

Kaesang mengaku tak mengetahui persis proses pembaharuan PKPU untuk menjalankan putusan MA itu. “Saya nggak tahu prosesnya bagaimana, maksudnya dari PKPU sendiri, apakah harus berkonsultasi dulu dengan DPR atau tidak, itu kan saya tidaklah tahu oleh sebab itu saya bukan ikut-ikut,” ucapnya.

Sekedar informasi, putusan MA Nomor 23 P/HUM/2024 sudah memerintahkan KPU untuk mengubah PKPU. Dalam putusan itu, MA menyebutkan, batas usia 30 tahun untuk calon gubernur juga 25 tahun untuk calon bupati atau wali kota diubah berubah jadi berlaku ketika pelantikan kepala area terpilih. Sebelumnya, ketentuan itu berlaku sewaktu penetapan akan calon berubah jadi calon kepala daerah.

Artikel ini disadur dari Kaesang Bicara Peluang Maju di Pilgub Jakarta: Tunggu Kejutan di Bulan Agustus