Berita

Kemensos Gelar Operasi Katarak Gratis dalam Tanimbar Maluku, Diikuti 240 Lansia

20
×

Kemensos Gelar Operasi Katarak Gratis dalam Tanimbar Maluku, Diikuti 240 Lansia

Sebarkan artikel ini
Kemensos Gelar Operasi Katarak Gratis di Tanimbar Maluku, Diikuti 240 Lansia

Jakarta

Kementerian Sosial (Kemensos) menyelenggarakan operasi katarak gratis bagi lansia dalam Wilayah Kepulauan Tanimbar, Maluku. Total, ada 240 lansia yang dimaksud mengikuti operasi katarak pada wilayah tersebut.

Operasi katarak gratis di dalam Kepulauan Tanimbar ini dijalankan pada RSUD dr PP Margretti Tanimbar sejak kemarin hingga Kamis (27/6) hari ini. Banyak lansia yang digunakan mulai berdatangan ke kedudukan mengantisipasi jadwal operasi katarak.

Para lansia ini hadir ke rumah sakit didampingi keluarga hingga anak serta cucu. Beberapa ke antaranya juga dijemput oleh pendamping Rencana Keluarga Harapan (PKH) Kemensos.

Peserta operasi katarak berasal dari sembilan kecamatan, yang dimaksud sebagian besar merupakan wilayah Kepulauan Tanimbar. Sebanyak 380 pemukim mengikuti pemeriksaan kelayakan meliputi pengecekan gula darah, tensi, kolesterol, juga biometrik pada Rabu (26/6) kemarin.

Setelah skrining, didapati 240 pasien lolos serta bisa jadi menjalani operasi katarak. Calon partisipan yang bukan lolos pemantauan disebabkan beberapa faktor, antara lain akibat mempunyai penyakit penyerta, status belum matang (immature), tekanan pada bola mata aspek hipertensi, lalu keadaan gula darah tidak ada normal.

ADVERTISEMENT

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini menyaksikan dengan segera operasi katarak gratis Kemensos. Risma mengemukakan operasi katarak gratis ini diwujudkan untuk menekan prospek bertambahnya disabilitas netra yang, jikalau bukan ditangani, akan menjadi masyarakat miskin baru.

“Kalau pengidap katarak terlambat ditangani, merek bisa saja bermetamorfosis menjadi disabilitas netra. Karena itu, supaya tak bermetamorfosis menjadi penyandang disabilitas, maka dilaksanakan operasi katarak,” kata Risma.

Sejak 2022, Kemensos sudah melakukan operasi terhadap 9.593 khalayak pengidap katarak. Operasi katarak gratis telah dilaksanakan di dalam berubah-ubah daerah, seperti di Jawa Timur, Papua, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Aceh Utara, Kalimantan Selatan, dan juga Banten. Rinciannya, pada 2022 sejumlah 724 khalayak menjalani operasi katarak, pada 2023 sejumlah 6.012 orang, serta 2024 sebanyak-banyaknya 2.857 khalayak menjalani operasi katarak.

Dalam operasi katarak dalam Wilayah Kepulauan Tanimbar, Kemensos bekerja serupa dengan regu dokter mata kemudian tenaga kebugaran dari Klinik Mata Utama Ambon lalu RSUD dr M Haulussy Ambon, dan juga eksekutif Daerah Kepulauan Tanimbar. Kerja sebanding juga dijalin dengan Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Tanah Air (Perdami), serta didukung oleh dokter serta tenaga kesegaran RSUD dr PP Margretti Tanimbar.

(whn/yld)

Artikel ini disadur dari Kemensos Gelar Operasi Katarak Gratis di Tanimbar Maluku, Diikuti 240 Lansia