Teknologi

Lima Bunga Rafflesia Arnoldii Mekar Bersamaan di dalam Agam, Sumatera Barat

12
×

Lima Bunga Rafflesia Arnoldii Mekar Bersamaan di dalam Agam, Sumatera Barat

Sebarkan artikel ini

Jakarta – Lima bunga Rafflesia Arnoldii mekar sempurna secara bersamaan dalam Batang Palupuh, Kecamatan Palupuh, Daerah Agam, Sumatera Barat. Rinciannya, dua pada kawasan hutan Cagar Alam Batang Palupuh, tiga pada luar cagar alam. 

Pegiat Wisata Palupuh Joni Hartono di Lubuk Basung, Sabtu, mengatakan, jarak dua lokasi yang dimaksud sekitar beratus-ratus meter. “Ini pertama bunga rafflesia mekar secara bersamaan dengan total lima individu. Sebelumnya mekar terbanyak secara bersamaan semata-mata tiga individu,” katanya, seperti dilansir Antara, Sabtu, 29 Juni 2024.

Menurut Joni, ia memasarkan kabar ini ke hotel, biro wisata, serta juga media sosial. Kabar yang digunakan ia dengar, akan ada beberapa orang wisatawan yang tersebut akan datang berkunjung. 

Kepala Resor Konservasi Wilayah II Maninjau BKSDA Sumbar Rusdiyan P. Ritonga mengatakan, Batang Palupuh merupakan kedudukan tumbuhnya bunga rafflesia. Bunga itu ditemukan di beberapa titik di kawasan cagar alam juga luar cagar alam. 

“Cagar Alam Batang Palupuh dengan area seluas 3,4 hektare, sudah diresmikan sebagai cagar alam sejak era kolonial Belanda pada 1930. Tempat ini juga berubah menjadi habitat bagi bunga Rhizanthes lowii,” kata Rusdiyan.

Berdasarkan data BKSDA Sumbar, bunga rafflesia di dalam Kota Agam tersebar dalam 17 kecamatan, antara lain di Kecamatan Palembayan, Tanjungraya, Palupuh, Baso, Kamangmagek, Tilatangkamang, Malalak, kemudian Matur.

Artikel ini disadur dari Lima Bunga Rafflesia Arnoldii Mekar Bersamaan di Agam, Sumatera Barat