Berita

Mensos Risma Bangun Lumbung Sosial Tangani Penyakit Kusta di dalam Tanimbar Maluku

11
×

Mensos Risma Bangun Lumbung Sosial Tangani Penyakit Kusta di dalam Tanimbar Maluku

Sebarkan artikel ini
Mensos Risma Bangun Lumbung Sosial Tangani Penyakit Kusta pada di Tanimbar Maluku

Tanimbar

Tingginya persoalan hukum penyakit kusta dalam Daerah Kepulauan Tanimbar, Maluku, menimbulkan kaget Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini. Berangkat dari itu, Risma memulai pembangunan lumbung sosial untuk menangani penyakit kusta ke wilayah tersebut.

Lumbung sosial berisi berubah-ubah keinginan pengidap kusta, seperti handuk, sabun, perlengkapan makan, vitamin, nutrisi, sembako, lalu bervariasi keperluan lainnya. Tak semata-mata itu, lumbung sosial yang disebutkan juga berisi perlengkapan penanganan bencana.

“Jika Bapak-Ibu membutuhkan perlengkapan mandi atau perlengkapan makan, silakan datang ke lumbung sosial. Kami sediakan. Prinsipnya, perlengkapan makan juga perlengkapan mandi pengidap kusta tidaklah boleh digunakan bersama-sama dengan anggota keluarga yang tersebut lain,” kata Risma di kantor Kecamatan Tanimbar Selatan, Wilayah Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, disitir Kamis (27/6/2024).

Risma memberikan perhatian khusus untuk para pengidap kusta. Risma mengemukakan peralatan mandi lalu makan pengidap kusta tidak ada boleh dipakai dengan pemukim lain untuk menjaga dari penularan.

“Padahal perlengkapan mandi lalu perlengkapan makan pengidap kusta tidaklah boleh dipakai dengan penduduk lain untuk menghindari penularan,” kata Risma.

ADVERTISEMENT

Risma menjelaskan peralatan makan dan juga mandi pengidap kusta dibedakan berdasarkan warna. Risma turut menghadirkan contoh peralatan makan yang berbeda warna untuk para pengidap kusta yang sedang ditangani di kantor Kecamatan Tanimbar Selatan.

“Jadi Bapak-Ibu, ini ada alat makan yang mana warna pink ini untuk yang kena sakit, yang hijau untuk yang tersebut sehat,” kata Risma menjelaskan untuk para pengidap kusta.

Selain itu, Risma akan memberikan ayam petelur yang dimaksud telurnya mampu digunakan sebagai tambahan nutrisi bagi pengidap kusta. “Telurnya dimakan dikarenakan yang bisa saja memutus mata rantai kusta adalah daya tahan tubuh, harus selamatkan keluarga kita yang dimaksud belum kena,” ujar Risma.

Selain itu, Kemensos memulai pembangunan rumah khusus untuk pengidap kusta di dalam depan rumah yang dimaksud biasa merekan tempati.

“Jadi untuk sementara, Bapak serta Ibu tidur terpisah dengan keluarga yang tersebut segar untuk menghindari penularan,” kata Risma.

(whn/zap)

Artikel ini disadur dari Mensos Risma Bangun Lumbung Sosial Tangani Penyakit Kusta di Tanimbar Maluku