Nasional

Panama mengungkap kesempatan lolos ke perempat final usai kalahkan Amerika Serikat 2-1

14
×

Panama mengungkap kesempatan lolos ke perempat final usai kalahkan Amerika Serikat 2-1

Sebarkan artikel ini
Panama mengungkap kesempatan lolos ke perempat final usai kalahkan Amerika Serikat 2-1

DKI Jakarta – Timnas Panama berhasil membungkam Amerika Serikat (AS) dengan skor 2-1 pada laga Grup C Copa Amerika 2024 di dalam Mercedes-Benz Stadium, Atlanta, Georgia, pada hari terakhir pekan pagi WIB.

Berperan sebagai tuan rumah, Amerika Serikat yang dimaksud menginginkan kemenangan untuk menegaskan tiket ke perempat final secara langsung meramu serangan sejak awal laga mengandalkan Christian Pulisic, Folarin Balogun, lalu Thimothy Wea pada lini depan.

Sebuah gol tercipta pada waktu laga baru berjalan menit melalui sepakan keras Weston McKennie, namun sayangnya, setelahnya mengamati Video Assistant Referee (VAR) wasit Ivan Barton menganulir gol yang dimaksud dikarenakan Tim Ream pada tempat offside.

Skuad asuhan Greg Berhalter harus mengalami kerugian ketika Thimothy Wea diusir wasit meninggalkan lapangan pasca mendapatkan kartu merah akibat pelanggaran keras dengan memukul kepala belakang pemain Panama, Roderick Miller.

Pulisic dan juga kawan-kawan terus berjuang membuka keunggulan hingga tercipta sebuah gol pada menit ke-22 melalui sepakan keras Balagun yang tersebut tak bisa saja dihalau kiper Orlando Mosquera memproduksi skor 1-0.

Usai kebobolan, Panama yang unggul pada total pemain pun mulai merancang serangan balik yang digunakan cepat untuk menyamakan skor.

Bek Panama Cesar Blackman yang digunakan membantu serangan berhasil merobek gawang Amerika Serikat pada menit ke-26 sehingga mengubah skor berubah jadi 1-1.

Anak asuh instruktur Thomas Christiansen yang dimaksud mendominasi penguasaan bola belum mampu membuka keunggulan hingga wasit meniup peluit untuk mengakhiri fase pertama.

Memasuki fase kedua, Panama terus mempertahankan dominasi pada penguasaan bola sembari menciptakan prospek untuk menjebloskan 'si dermis bundar' ke gawang The Yanks yang digunakan dikawal Ethan Horvath.

Serangan demi serangan mampu dimentahkan lini pertahanan Amerika Serikat hingga akhirnya kebuntuan terpecahkan lewat gol Jose Fardado pada menit ke-83 yang mana mengubah skor menjadi 2-1.

Mengoptimalkan umpan Abdiel Ayarza, Fajardo yang mana masuk sebagai pemain substitusi berhasil melesakkan bola ke awang Amerika Serikat lewat tendangan kaki kanan.

Panama berhasil mempertahankan keunggulan hingga laga usai dan juga mengantongi 3 poin. Kejayaan itu sekaligus membuka prospek ke perempat final Copa Amerika, pasca pada laga sebelumnya kalah 1-3 dari Uruguay.

Los Canaleros masih memiliki satu laga tersisa ke fase grup berperang melawan Bolivia yang dimaksud terjadi pada 2 Juli mendatang.

Sementara, nasib Amerika Serikat melangkah ke sesi selanjutnya akan ditentukan lewat hasil pertandingan menghadapi Uruguay yang juga berlangsung pada 2 Juli.

Berikut klasemen sementara Grup C Copa America 2024:

Pos Tim POIN
1 Panama 3
2 AS 3
3 Uruguay 3
4 Bolivia 0

Artikel ini disadur dari Panama buka peluang lolos ke perempat final usai kalahkan AS 2-1