Olahraga

PB ESI siapkan desain arena pertandingan esport di PON 2024

9
×

PB ESI siapkan desain arena pertandingan esport di PON 2024

Sebarkan artikel ini
PB ESI siapkan desain arena pertandingan esport ke PON 2024

Ibukota – Pengurus Besar Esports Negara Indonesia (PB ESI) sedang mempersiapkan desain arena pertandingan pada Pekan Olahraga Nasional 2024 pada Aceh-Sumatera Utara.

"Persiapan cabang olahraga esports untuk PON 2024 Aceh-Sumatera Utara hingga ketika ini telah sampai tahap desain venue tanding," kata technical delegate esports untuk PON XXI Stanley Tjia untuk ANTARA melalui arahan instan di dalam Jakarta, Senin.

Stanley mengungkapkan pendaftaran atlet sudah pernah dijalankan oleh Komite Olahraga Nasional Indonesi (KONI) wilayah setiap sesuai rekomendasi ESI provinsi.

"Pendaftaran atlet ini adalah langkah dari long list menjadi short list dalam mana para atlet yang tersebut terpilih dari hasil Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) yang digunakan diselenggarakan setiap-tiap provinsi," ujar Stanley.

"PB ESI akan terus bekerjasama dengan ESI provinsi, khususnya dengan ESI Sumatera Utara, ke mana kami terus melakukan koordinasi serta visitasi tempat kejadian guna menyukseskan pertandingan esports pada PON 2024 XXI Aceh-Sumatera Utara."

Senada dengan Stanley, Wakil Kepala Sektor I Pembinaan Prestasi Komite Olahraga Nasional Negara Indonesia (KONI) Puang Syamsudin yang dimaksud telah dilakukan melakukan kunjungan arena pertandingan esport mengatakan arena pertandingan sudah pernah tersedia.

"Kemarin kita telah CDM Meeting II serta technical delegate esports telah berkunjung ke sana, dan juga meninjau venue-nya, kebetulan ke hotel, lalu telah oke. Mereka tinggal koordinasi mengenai kesiapan misalnya keperluan untuk bertanding, peralatan, juga lain-lain," kata Puang terhadap ANTARA belum lama ini.

"Dalam bulan depan ini telah selesai semua, tinggal konsep pertandingan, akibat pertandingan dibuka tanggal 8 September, jadi mereka itu sudah ada siap semua."

Mengenai jaringan yang digunakan berubah menjadi tumpuan dasar penyelenggaraan pertandingan esport, Puang memaparkan ketersediaan jaringan disiapkan oleh Kementerian Komunikasi serta Informatika.

Puang juga mengungkapkan Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) turut menyiapkan ketersediaan jaringan telekomunikasi.

PON Aceh-Sumut 2024 akan berlangsung pada 8-20 September. Esports dilombakan pada 13-19 September 2024.

Artikel ini disadur dari PB ESI siapkan desain arena pertandingan esport dalam PON 2024