Nasional

Pertamina bantu 2.500 liter BBM untuk penanggulangan bencana dalam Sumbar

11
×

Pertamina bantu 2.500 liter BBM untuk penanggulangan bencana dalam Sumbar

Sebarkan artikel ini
Pertamina bantu 2.500 liter BBM untuk penanggulangan bencana di Sumbar

sudah menyalurkan bantuan setiap harinya rata-rata 2.500 liter BBM jenis Dexlite untuk percepatan penanggulangan bencana

Padang – Pertamina Patra Niaga Wilayah Sumatera bagian Utara (Sumbagut) memberi bantuan 2.500 liter substansi bakar minyak (BBM) jenis dexlite setiap harinya untuk membantu operasional alat berat berat guna percepatan penanggulangan bencana pada Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

"Sejak Akhir Pekan (12/5) waktu malam hingga pada waktu ini, Pertamina Patra Niaga Sumbagut telah dilakukan menyalurkan bantuan setiap harinya rata-rata 2.500 liter BBM jenis Dexlite untuk percepatan penanggulangan bencana," kata Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Sumbagut Freddy Anwar pada Padang, Kamis.

Freddy mengutarakan bantuan ribuan liter BBM yang dimaksud digunakan alat berat yang disebutkan diharapkan dapat mempercepat pengerjaan beberapa ruas jalan nasional, pembersihan material akibat banjir bandang hingga rute pencarian korban hilang.

Pertamina meyakinkan keperluan energi selama langkah-langkah penanganan bencana di dalam Daerah Agam, Daerah Tanah Datar maupun di dalam Pusat Kota Padang Panjang terpenuhi.

Tidak hanya saja BBM, perusahaan pelat merah itu juga menjamin pasokan Liquefied Petroleum Gas (LPG) bagi pemerintah wilayah dan juga Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) selama masa tanggap darurat.

"Melalui Proyek Pertamina Peduli, kami menjamin akan terus menyediakan BBM untuk operasional alat berat khususnya di wilayah yang terdampak bencana," kata Freddy.

Ia menambahkan untuk permintaan penyaluran BBM dalam Daerah Tanah Datar dan juga Wilayah Agam, Pertamina Patra Niaga Sumbagut menerapkan skema Reguler Alternative Emergency (RAE).

Artinya, permintaan energi untuk area itu dipasok dari Terminal BBM Sibolga, Fuel Terminal (FT) Sungai Siak, IT Dumai serta FT Tembilahan yang digunakan berada dalam Provinsi Riau, dan juga perbantuan dari Jambi.

"Kami juga terus memantau perkembangan situasi dalam wilayah rute terdampak pascabencana seperti pasokan BBM hingga ketersediaan yang digunakan menyokong permintaan pengoperasian alat berat," kata beliau menegaskan.

Selain dukungan operasional BBM, Pertamina Patra Niaga Sumbagut juga menyalurkan bantuan elpiji 12 kilogram untuk keperluan empat area dapur umum yang mana tersebar di Daerah Agam maupun pada Wilayah Tanah Datar.

Senada dengan itu, Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting menyampaikan bahwa inisiatif Pertamina Peduli akan terus hadir di dalam daerah-daerah terdampak bencana seperti bantuan BBM yang dimaksud dapat digunakan untuk operasional alat berat.

"Bantuan BBM ini akan diwujudkan selama masa tanggap darurat ditetapkan pemerintah," ujar dia.

Artikel ini disadur dari Pertamina bantu 2.500 liter BBM untuk penanggulangan bencana di Sumbar