Entertainment

Prambanan Jazz Festival Kembali Digelar Mulai Besok, Suguhkan Kemeriahan 10 Tahun

10
×

Prambanan Jazz Festival Kembali Digelar Mulai Besok, Suguhkan Kemeriahan 10 Tahun

Sebarkan artikel ini

Yogyakarta – Pergelaran musik Prambanan Jazz Festival kembali diselenggarakan di kawasan Candi Prambanan. Festival musik tahunan ini akan diadakan pada 5,6, juga 7 Juli 2024. Perhelatan akbar Prambanan Jazz Festival ke-10 tahun ini berubah menjadi kolaborasi musisi, seniman, jurnalis, juga komunitas penggiat seni pertunjukan juga hiburan. Sejumlah inisiatif yang mana akan dihadirkan telah mulai bermunculan di  sosial media.

“Konsep Prambanan Jazz Festival tahun ini banyak mengusung kolaborasi serta program-program berkelanjutan mulai dari inisiatif yang dimaksud berkolaborasi dengan komunitas,” kata Tovic Raharja, direktur utama Rajawali Indonesia, selaku penyelenggara, Rabu, 3 Juli 2024.

Pemilihan lokasi kawasan wisata Candi Prambanan yang mana merupakan salah satu warisan budaya ini berubah menjadi daya tarik tersendiri untuk Prambanan Jazz Festival Lovers. Keunikan latar candi di panggung festival ini yang mana dibutuhkan para penggemar Prambanan Jazz. 

“Prambanan Jazz Festival bukan hanya sekali pertunjukan musik tahunan yang tersebut dilakukan tanpa makna, berbagai arahan yang mana tersirat pada setiap perencanaan tiap tahunnya,” kata Tovic.

Apa Saja yang mana Disuguhkan ke Prambanan Jazz Festival 2024 

Selama tiga hari, pelopor menyuguhkan Pasaraya Prambanan Jazz, tenant kuliner, I’m Jazz a Kids, lalu berkolaborasi dengan sekolah musik untuk menyeleksi generasi muda untuk berkarya lalu bermetamorfosis menjadi bagian dari Prambanan Jazz Festival. Selain itu, ada juga Pusparia Flower Market, sebuah aktivasi yang tersebut berkolaborasi dengan komunitas seni instalasi yang merespon karya bunga-bunga, yang dimaksud akan menghiasi beberapa jumlah titik di area lokasi.

Lalu ada Desawarna, kolaborasi dengan sponsor yang tersebut merespons indahnya taman wisata candi yang dimaksud ada ke area venue dengan lampu hias untuk menambah syahdunya suasana di dalam waktu sore hingga waktu malam hari. “Prambanan Jazz Festival Cultural Escape, inisiatif keliling wisata di dalam area Yogya yang mana dimulai sejak pagi hari hingga siang hari juga diwujudkan sebelum menikmati pertunjukan musik selama 3 hari yang tersebut dijalankan oleh komunitas berkain,” kata dia.

Selain itu juga ada acara Memorabilia, persembahan kolaborasi Prambanan Jazz Festival Lovers,  jurnalis foto, juga kelompok dokumentasi yang tertuang pada linimasa perjalanan 10 tahun festival ini yang akan ditampilkan dengan pameran foto linimasa. Selain itu, ada Prambanan Jazz Sustainability Program, sebagai cerminan bahwa festival itu tak belaka memberikan prasarana kuliner dengan beragam macam hasil akhir sampah, namun ada kegiatan mengedukasi bagaimana memilah limbah organik dan juga nonorganik supaya dapat didaur ulang. 

“Satu Dekade Bersama, tidak belaka sebuah slogan, namun rasa syukur kami terhadap keberlangsungan acara yang dapat menciptakan sejumlah pihak berkumpul lalu berkolaborasi pada kawasan
wisata Candi Prambanan,” kata Tovic

Artikel ini disadur dari Prambanan Jazz Festival Kembali Digelar Mulai Besok, Suguhkan Kemeriahan 10 Tahun