Ekonomi

PT PAL: Transformasi keuangan lonjakkan pendapatan hingga 42,43 persen

5
×

PT PAL: Transformasi keuangan lonjakkan pendapatan hingga 42,43 persen

Sebarkan artikel ini
PT PAL: Transformasi keuangan lonjakkan pendapatan hingga 42,43 persen

Surabaya – direktur utama PT PAL Indonesia Kaharuddin Djenod menyatakan upaya perubahan keuangan sudah pernah mampu menghasilkan kembali pendapatan bagi perusahaan yang melonjak hingga 42,43 persen secara tahunan (year-on-year/yoy) pada 2023 dibandingkan tahun sebelumnya.

“Kesuksesan metamorfosis keuangan ini adalah bukti bahwa dengan manajemen yang tersebut tepat serta kerja identik regu yang tersebut solid maka perusahaan dapat menorehkan prestasi yang membanggakan,” katanya ke Surabaya, Jawa Timur, Selasa.

Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Laporan Prestasi Usaha Tahun Buku 2023 (Audited) dengan pemegang saham yakni Kementerian BUMN kemudian PT LEN Industri (Persero) diketahui PT PAL berhasil memperoleh pendapatan bisnis yang tersebut berkembang 42,43 persen pada 2023.

Adapun jikalau meninjau pendapatan per lini bisnis, pendapatan berasal dari barang alutsista sebesar 86,98 persen, komoditas rekayasa umum sebesar 6,74 persen, komoditas pemeliharaan kemudian perbaikan sebesar 5,59 persen, kemudian jasa lainnya sebesar 0,69 persen dari total pendapatan 2023.

“Pendapatan yang tersebut berkontribusi besar didominasi oleh produk-produk alutsista yakni mencapai Rp3.142,58 miliar,” katanya.

Kaharuddin menyatakan capaian pendapatan terbesar selama 44 tahun beroperasi ini didukung oleh langkah perubahan fundamental keuangan termasuk melalui inovasi, perbaikan sistem, kemudian komitmen yang mana kuat oleh seluruh aspek perusahaan.

Bahkan metamorfosis yang dimaksud juga mampu menimbulkan kebugaran PT PAL Negara Indonesia pada di kategori stabil atau sehat walafiat yang diaudit oleh Organisasi Pemeringkat Nasional (PT Pefindo).

Menurut Kaharuddin, capaian itu menunjukkan resiliensi juga perubahan perusahaan ke arah yang dimaksud lebih banyak baik satu di antaranya di memenuhi keperluan maritim ditingkat nasional serta global.

“Itu kami lakukan dengan terus memperhatikan aspek likuiditas, profitabilitas, maupun solvabilitas perusahaan,” katanya.

Melalui upaya restrukturisasi keuangan kemudian pengelolaan cashflow yang digunakan lebih banyak baik, PT PAL Indonesi berhasil mencapai tingkat kolektibilitas yang digunakan baik sehingga berubah menjadi modal penting pada menguatkan kedudukan PT PAL di dalam pangsa global.

 

Artikel ini disadur dari PT PAL: Transformasi keuangan lonjakkan pendapatan hingga 42,43 persen