Nasional

Putaran ketiga, Indonesia satu grup sama-sama Negeri Sakura juga Australia

12
×

Putaran ketiga, Indonesia satu grup sama-sama Negeri Sakura juga Australia

Sebarkan artikel ini
Putaran ketiga, Tanah Air satu grup sama-sama Negeri Sakura juga Australia

Ibukota Indonesia – Timnas Nusantara tergabung pada Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Bumi 2026 zona Asia dengan raksasa Asia Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain, serta China pada undian putaran grup yang dimaksud dijalankan di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis.

Berdasarkan laman resmi FIFA, Tanah Air merupakan negara dengan peringkat terendah di dalam Grup C yaitu peringkat 134.

China yang ada di dalam Pot 5 berperingkat 88 dunia, Bahrain yang digunakan ada dalam Pot 4 berada di peringkat 81, lalu Arab Saudi yang berada di Pot 3 yang digunakan pada Piala Bumi 2022 Qatar mengalahkan Argentina pada laga pembuka berada di peringkat 56 dunia.

Sementara itu, dua kontestan dengan peringkat tertinggi adalah Jepun dan juga Australia. Jepun merupakan negara dengan peringkat bola tertinggi dari semua kontestan putaran ketiga zona Asia dengan peringkat 17 dunia, sedangkan Australia berada di peringkat 23 dunia.

Negeri Sakura dan juga Australia merupakan dua negara yang dimaksud akrab dengan Negara Indonesia lantaran pernah bertemu di dalam Piala Asia 2023 Qatar awal tahun ini.

Indonesia bertemu dengan Negeri Matahari Terbit pada laga terakhir dimana ketika itu skor berakhir 1-3 untuk kemenangan Samurai Biru.

Lalu, untuk Australia, kedua grup bertemu pada sesi 16 besar. Saat itu, Indonesia yang mana bermain cukup baik tak beruntung dikarenakan menyerah 0-4 dari Socceroos.

Putaran ketiga akan dimainkan dengan format penyisihan grup rumah tandang yang digunakan dimulai pada September 2024 sampai Juni 2025.

Dua kelompok teratas dari setiap tiga grup (total enam tim) nantinya dengan segera melaju ke Piala Bumi 2026, yang mana akan menampilkan total partisipan pertama kali dengan dihadiri oleh 48 regu serta pertama kali dijalankan pada tiga negara tuan rumah yaitu Amerika Serikat, Kanada, lalu Meksiko.

Tim peringkat ketiga lalu keempat dalam setiap grup (total enam tim) dari putaran grup putaran ketiga akan melaju ke fase kualifikasi putaran keempat.

Mereka akan dibagi bermetamorfosis menjadi dua grup yang mana terdiri dari tiga regu dengan pertandingan yang tersebut akan dimainkan pada bulan Oktober dan juga November 2025 di dalam mana dua negara berikutnya yang mana merupakan peringkat teratas setiap grup akan mendapatkan tiket kualifikasi otomatis.

Selanjutnya: Negara Indonesia menorehkan sejarah

Artikel ini disadur dari Putaran ketiga, Indonesia satu grup bersama Jepang dan Australia