Ekonomi

Sepekan, anggaran makan bergizi gratis hingga peresmian smelter nikel

15
×

Sepekan, anggaran makan bergizi gratis hingga peresmian smelter nikel

Sebarkan artikel ini
Sepekan, anggaran makan bergizi gratis hingga peresmian smelter nikel

DKI Jakarta – Selama sepekan (23 Juni–29 Juni 2024), bervariasi insiden bidang ekonomi berjalan ke Indonesia, mulai dari Menkeu anggarkan Rp71 triliun untuk Makan Bergizi Gratis pada RAPBN 2025, hingga pemerintahan resmikan smelter tembaga Freeport di Gresik.

Berikut sajian berita bidang perekonomian yang dirangkum LKBN ANTARA.

Menkeu anggarkan Rp71 triliun untuk Makan Bergizi Gratis dalam RAPBN 2025

Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati mengalokasikan anggaran untuk inisiatif Makan Bergizi Gratis (MBG) sebesar Rp71 triliun pada Rancangan Anggaran Pendapatan dan juga Belanja Negara (RAPBN) 2025.

Seperti diketahui, acara MBG merupakan salah satu inisiatif prioritas presiden lalu perwakilan presiden terpilih Prabowo-Gibran.

Selengkapnya baca di dalam sini.

Menteri ESDM pastikan tarif listrik Juli–September bukan naik

Menteri Tenaga kemudian Informan Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif meyakinkan tarif listrik pada triwulan III, yakni Juli–September 2024, tidaklah mengalami kenaikan.

“Kalau listrik, nggak naik,” ujar Arifin sewaktu ditemui ke Kantor Direktorat Jenderal Minyak dan juga Gas Bumi (Migas) pada Jakarta, hari terakhir pekan (28/6).

Selengkapnya baca dalam sini.

Airlangga: Bank Global ubah proyeksi sektor ekonomi RI 2025 jadi 5,1 persen

Menteri Koordinator Lingkup Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan Bank Planet (World Bank) telah lama mengubah proyeksi perkembangan sektor ekonomi Indonesi tahun 2025 berubah menjadi 5,1 persen dari sebelumnya 4,9 persen.

“Bank Global baru hanya meninggikan growth forecast Indonesi pada tahun 2024 dari yang mana tadinya 4,9 persen bermetamorfosis menjadi 5,0 persen dan juga untuk tahun 2025 dari 4,9 persen berubah menjadi 5,1 persen. Di berada dalam perekonomian planet mengalami tekanan naiknya harga tinggi, pemuaian Tanah Air juga terus terjaga pada rentang target sasaran di dalam bawah 3 persen,” kata Airlangga di Forum Pers Kondisi Fundamental Perekonomian Terkini lalu RAPBN 2025 dalam Jakarta, Awal Minggu (24/6).

Selengkapnya baca di dalam sini.

Mendag usulkan HET MinyaKita naik berubah menjadi Rp15.700 per liter

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengatakan, pihaknya mengusulkan relaksasi nilai eceran tertinggi (HET) minyak goreng rakyat atau MinyaKita naik berubah menjadi Rp15.700 per liter.

Mendag ketika ditemui di dalam Bandung, Jawa Barat, hari terakhir pekan (28/6), mengutarakan bahwa pihaknya pada waktu ini sedang mengawaitu revisi Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) terkait kenaikan HET MinyaKita sebesar Rp1.700 dari biaya sebelumnya Rp14.000 per liter.

Selengkapnya baca dalam sini.

Pemerintah resmikan smelter tembaga Freeport di dalam Gresik

pemerintahan meresmikan smelter tembaga milik PT Freeport Indonesi (PTFI), yakni Smelter Manyar, dalam Java Integrated Industrial and Ports Estate (JIIPE) Gresik, Jawa Timur, Kamis, dengan kapasitas input 1,7 jt ton konsentrat tembaga.

“Puji syukur kita dapat hadir menyaksikan pabrik yang digunakan luar biasa, dapat dibangun pada waktu 30 bulan sejak diwujudkan groundbreaking oleh Presiden Joko Widodo,” ujar Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto pada acara “Peresmian Operasi Smelter Gresik”, yang dipantau secara daring dari Jakarta, Kamis (27/6).

Selengkapnya baca pada sini.

Artikel ini disadur dari Sepekan, anggaran makan bergizi gratis hingga peresmian smelter nikel