Nasional

SIG mendukung pelestarian lingkungan melalui Hutan Pusat Kota SBI Cilacap

14
×

SIG mendukung pelestarian lingkungan melalui Hutan Pusat Kota SBI Cilacap

Sebarkan artikel ini
SIG menggalang pelestarian lingkungan melalui Hutan Pusat Perkotaan SBI Cilacap

Keberadaan Hutan Perkotaan SBI Pabrik Cilacap membuktikan komitmen SIG Group di mewujudkan perkembangan berkelanjutan dalam Indonesia

Jakarta – PT Semen Nusantara Tbk (Persero) (SIG) meningkatkan upaya pelestarian lingkungan melalui anak usahanya, PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI), dengan mendirikan hutan kota menggunakan separuh lebih lanjut lahan pabriknya ke Cilacap.

Keberadaan Hutan Pusat Kota SBI Pabrik Cilacap membuktikan komitmen SIG Group di mewujudkan pengerjaan berkelanjutan di Indonesia,” ucap Corporate Secretary SIG Vita Mahreyni pada pernyataannya ke Jakarta, Kamis.

Ia menuturkan bahwa hutan kota yang disebutkan berlokasi di Jalan Ir. H. Juanda, Cilacap Utara, Kota Cilacap, Jawa Tengah, dengan luas mencapai 64 hektare (ha), atau 54,2 persen dari total lahan pabrik SIB yang mana mencapai 118 ha.

Terdapat 200 ribu spesies flora ke area hijau tersebut, di dalam antaranya trembesi, mahoni, bayur, laban, sengon buto, kelengkeng, jambu kristal, jambu demak, juga durian.

Selain itu, ada pula pohon meranti dengan syarat Kalimantan lalu Sulawesi yang tersebut ditanam dalam menghadapi lahan konservasi khusus seluas 10 ha.

Di pada hutan kota yang disebutkan juga dibangun penangkaran rusa timor (Cervus timorensis) hasil kerja sejenis dengan Balai Konservasi Informan Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah. Kini terdapat 40 ekor rusa timor di area pelestarian tersebut.

Berkat situasi lingkungan yang digunakan lestari, hutan kota yang disebutkan pun menyita perhatian beraneka fauna lainnya, seperti ayam hutan, burung juga beberapa jenis mamalia.

“Selain bermetamorfosis menjadi tempat hidup bagi keanekaragaman hayati ke sekeliling wilayah operasional pabrik, hutan kota ini juga berfungsi sebagai tempat peresapan air, carbon capture, produsen oksigen, dan juga menambah estetika kota,” kata Vita.

Ia menyampaikan bahwa proteksi terhadap keanekaragaman hayati berubah jadi salah satu fokus perseroan yang mana sudah pernah diatur di SIG Sustainability Road Map 2030 lantaran hal yang disebutkan penting untuk menjaga keseimbangan lingkungan alam serta mempertahankan keberlangsungan hidup manusia.

Di samping upaya konservasi dalam hutan kota, SBI Pabrik Cilacap juga melakukan penyetoran pohon endemik ke semua area pascatambang batu gamping pada Pulau Nusakambangan juga menyediakan rumah bibit.

SBI Pabrik Cilacap juga menyumbangkan mangrove jenis Rhizophora mucronata pada area pesisir Nusakambangan berjumlah 9.500 pohon hingga 2023 juga pohon pelahlar (Dipterocarpus littoralis) yang merupakan flora endemik Nusakambangan.

“SIG dan juga seluruh entitas bisnisnya berjanji untuk terus mengiklankan pemeliharaan keanekaragaman hayati sebagai warisan bagi generasi penerus juga upaya menciptakan hidup yang dimaksud lebih banyak baik di masa sekarang kemudian mendatang,” imbuh Vita.

Artikel ini disadur dari SIG dukung pelestarian lingkungan melalui Hutan Kota SBI Cilacap