Entertainment

Tak Hanya di Film 1 Kakak 7 Ponakan, Chicco Kurniawan Jadi Generasi Sandwich ke Keluarga

7
×

Tak Hanya di Film 1 Kakak 7 Ponakan, Chicco Kurniawan Jadi Generasi Sandwich ke Keluarga

Sebarkan artikel ini

Jakarta – Chicco Kurniawan bermetamorfosis menjadi pemeran utama pada film adaptasi 1 Kakak 7 Ponakan, yakni menjadi pemuda bernama Moko. Dia bercerita tentang perasaannya ketika membaca skenario film. Aktor pemenang Piala Citra itu mengaku bahwa tema film yang tersebut mengangkat isu sandwich generation sangat dekat dengan dirinya.

“Moko adalah individu adik dari Kak Agnes kemudian Kak Osa. Dia seseorang siswa kuliah arsitek. Punya pacar, Maureen. Dia (Moko) punya hati amat besar, sangat suka kerja keras,” kata Chicco, di konferensi pers dalam Kebayoran Baru, DKI Jakarta Selatan, pada Selasa, 2 Juli 2024.

Fenomena generasi sandwich menggambarkan tanggung jawab berlapis sebagai anak yang mana juga menopang finansial keluarga, sesuatu yang digunakan dirasakan Chicco secara pribadi. “Kebetulan aku merasakan. Jadi ini dekat banget dari pertama kali baca naskah,” ujarnya.

Chicco Kurniwan Emosional dengan Naskah 1 Kakak 7 Ponakan

Dia juga menuturkan betapa emosional dirinya ketika membaca naskah garapan Yandy Laurens untuk pertama kalinya, hingga membuatnya kesulitan di pembukaan membaca sama-sama para pemeran utama lainnya. 

“Nggak sanggup baca itu gara-gara sudah ada emosional. Memang sudah ada dekat banget (sandwich generation),” ujar Chicco. Namun, perasaan yang digunakan kuat terhadap cerita keluarga pada 1 Kakak 7 Ponakan memotivasi Chicco Kurniawan untuk tampil setulus mungkin saja selama syuting. 

Menurut Chicco, berubah jadi generasi sandwich adalah perpaduan antara beban serta tanggung jawab. “Tanggung jawab akibat ada rasa sayangnya dalam situ. Bisa jadi beban kalau aku sendiri nggak tahu aku ke situasi mana. Apakah itu bisa saja jadi situasi yang mana baik atau tidak,” kata dia.

Chicco juga mengaku berbagai belajar sejak didapuk sebagai pemeran utama pada film ini. Selama tambahan dari dua bulan berdiskusi dengan Yandy Laurens dan juga aktor lainnya, ia mendapatkan sejumlah pelajaran baru. Jika sebelumnya beliau tambahan fokus pada aspek teknis pada berakting, sekarang ini Chicco lebih besar menyadari pentingnya aspek perasaan yang mana pada sewaktu berakting.

Film Kedua Yandy Laurens Adaptasi Karya Arswendo Atmowiloto

Ini merupakan kali kedua Yandy Laurens mengadaptasi karya Arswendo Atmowiloto. Sebelumnya, beliau sukses dengan adaptasi film Keluarga Cemara pada 2018. Film 1 Kakak 7 Ponakan diadaptasi dari sinetron berjudul sama, yang mana tayang pada 1996 lalu dibintangi oleh Sandy Nayoan, Novia Kolopaking, Derry Drajat, hingga Ozzy Miharja. 

Yandy Laurens mengadaptasi sinetron yang dimaksud dalam bawah naungan studio Mandela Pictures dan juga Cerita Films, dengan aktor-aktor berbakat dari lintas generasi, di antaranya Chicco Kurniawan, Amanda Rawles, Fatih Unru, Freya JKT48, Ahmad Nadif, Kawai Labiba, Ringgo Agus Rahman, Niken Anjani, Kiki Narendra, serta Maudy Koesnadi. Syuting 1 Kakak 7 Ponakan dijadwalkan mulai pada 5 Juli 2024, namun belum ada pengumuman resmi mengenai jadwal perilisan film tersebut.

Artikel ini disadur dari Tak Hanya di Film 1 Kakak 7 Ponakan, Chicco Kurniawan Jadi Generasi Sandwich di Keluarga