Olahraga

Timnas Voli Putri Nusantara akan Dipimpin Pelatih kepala Asing, Ketum PBVSI Beri Bocorannya

9
×

Timnas Voli Putri Nusantara akan Dipimpin Pelatih kepala Asing, Ketum PBVSI Beri Bocorannya

Sebarkan artikel ini

Jakarta – Timnas voli putri Negara Indonesia akan dipimpin instruktur asing mulai pertengahan tahun ini. Hal yang disebutkan diungkapkan oleh Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesi (PP PBVSI) Imam Sudjarwo.

“Mulai tahun ini, untuk menghadapi SEA Games (2025), kami akan menggunakan pembimbing asing untuk kelompok voli putri Indonesia. Kalau untuk tim putranya masih dilatih Jeff Jiang Jie,” ujar ia pada wawancara sama-sama Tempo di dalam Kantor Indosiar, Daan Mogot, Ibukota Barat, Kamis, 27 Juni 2024.

Timnas voli putri Indonesia sebelumnya lebih besar kerap ditangani instruktur lokal. Beberapa nama di antaranya adalah Alim Suseno, Eko Waluyo, hingga yang pada waktu ini masih menjabat, Pedro Lilipaly. Prestasi Srikandi Merah Putih di beberapa tahun terakhir belum memuaskan federasi. Dalam kompetisi SEA Games, dia belum meraih emas sejak 1983. Di SEA V League, grup voli putri Negara Indonesia juga hanya sekali mampu menempati peringkat ketiga.

Imam mengungkapkan pihaknya akan menunjuk instruktur asing dari Thailand untuk menahkodai tim voli putri Nusantara ke depan. Prestasi gemilang Tim Gajah Putih di beberapa turnamen menjadi pertimbangannya. Namun, ia masih belum mau membeberkan siapa nama ahli Thailand yang tersebut akan mengawasi regu voli putri Indonesia.

Ketua Umum PP PBVSI Imam Sudjarwo. TEMPO/Randy

Dengan hadirnya ahli Thailand, Imam berharap mampu menularkan prestasi ke kelompok voli putri Indonesia. “Kalau untuk pasukan voli putri rencananya dari Thailand. Baguslah pokoknya dia. Kemarin kan kelompok voli putri Thailand juga sampai ke VNL kan,” tuturnya.

Tim voli putri Thailand dapat dikatakan berubah menjadi yang dimaksud terbaik dalam Asia Tenggara. Mereka empat kali beruntun juara SEA V League, sesudah itu 14 kali beruntun meraih medali emas SEA Games. Thailand juga menjadi satu-satunya duta Asia Tenggara yang mana tampil di turnamen FIVB Women’s Volleyball Nations League (VNL). Total telah enam kali merekan berpartisipasi dengan dua pada antaranya berhasil masuk ke putaran final round.

Imam mengungkapkan target terdekat federasi untuk timnas voli putri Tanah Air adalah memperbaiki prestasi ke SEA Games 2025 Thailand. Namun sebelum itu, Garuda Pertiwi diagendakan berkompetisi pada event SEA V League 2024 Putri yang akan dimulai pada Agustus dengan Vietnam juga Thailand sebagai tuan rumah untuk sesi pertama dan juga kedua.

Artikel ini disadur dari Timnas Voli Putri Indonesia akan Dipimpin Pelatih Asing, Ketum PBVSI Beri Bocorannya