Kesehatan

3 Cara Cek Nomor Registrasi Security Barang ke BPOM, Mudah!

11
×

3 Cara Cek Nomor Registrasi Security Barang ke BPOM, Mudah!

Sebarkan artikel ini

Jakarta – Suatu hasil kosmetik, obat, atau makanan dapat dikatakan aman bila telah terjadi mengantongi izin edar atau nomor registrasi dari Badan Pengawas Jalan keluar serta Makanan (BPOM). Sayangnya, ketika ini tak jarang ada hasil yang digunakan mencantumkan nomor registrasi BPOM palsu. 

Pengecekan produk-produk pada BPOM diperlukan untuk melakukan konfirmasi keamanannya. Maklum sekarang ini marak barang tiruan yang digunakan dapat membahayakan kebugaran warga apabila sampai dikonsumsi pada jangka panjang. Hal inilah yang dimaksud menyebabkan setiap khalayak penting mengetahui prosedur untuk cek produk-produk di BPOM, berikut beberapa cara untuk mengeceknya. 

Mengenal BPOM Secara Singkat

Badan Pengawas Penyelesaian kemudian Makanan (BPOM) adalah sebuah lembaga pemerintahan yang bertugas mengawasi peredaran obat kemudian makanan di dalam Indonesia. BPOM harus meyakinkan keamanan dari produk-produk yang dikonsumsi masyarakat, seperti obat-obatan, makanan, minuman, hingga item kecantikan. Lembaga nonkementerian ini bertanggung jawab terhadap presiden melalui menteri bidang kesehatan.

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 180 tahun 2017 tentang Badan Pengawasan Jalan keluar lalu Makanan, BPOM miliki tugas untuk menyelenggarakan pengawasan terhadap obat serta makanan sesuai peraturan perundang-undangan. Barang yang dimaksud adalah obat, substansi obat, narkotika, psikotropika, prekursor, zat adiktif, obat tradisional, suplemen kesehatan, kosmetik, kemudian pangan olahan. Dengan demikian, BPOM dapat mengatur izin edar barang yang dimaksud aman dikonsumsi kemudian bebas dari substansi berbahaya.

Cara Cek Layanan pada BPOM

Terdapat tiga cara untuk mengecek BPOM suatu produk-produk apakah salah satunya asli atau palsu. Mulai dari pengecekan manual, melalui platform resmi, ataupun aplikasi mobile yang digunakan dapat didownload secara gratis. Berikut beberapa cara cek produk-produk dalam BPOM dan juga langkah-langkah untuk mengaksesnya.

1. Cek Manual BPOM

BPOM miliki kampanye nasional untuk menghadirkan warga lebih banyak peduli pada keaslian serta keamanan hasil melalui acara Cek KLIK (Cek Kemasan, Cek Label, Cek Izin Edar, kemudian Cek Kedaluwarsa). Adapun cara manual untuk mengecek barang bernomor registrasi BPOM adalah sebagai berikut:

– Cek: Pengecekan detail terhadap produk.

– K: Kemasan pada keadaan baik atau rusak.

– L: Label informasi item harus tertera jelas juga dapat dibaca secara detail

– I: Izin edar telah dimiliki oleh produk-produk tersebut.

– K: Kedaluwarsa belum melebihi batas waktu berlakunya suatu produk.

2. Cara Cek Sistem di BPOM Melalui Situs

Berikut cara mengecek BPOM hasil melalui web resminya.

– Buka browser Anda lalu kunjungi platform BPOM pada laman https://cekbpom.pom.go.id/.

– Klik menu ‘Produk’ kemudian pilih kategori cara pengecekannya, apakah menggunakan nomor registrasi, nama produk, kemudian lain-lain.

– Masukkan kata kunci hasil berdasarkan kategori yang sudah dipilih sesudah itu klik ‘Cari’.

– Website akan menampilkan informasi lengkap mengenai suatu produk, meliputi nomor registrasi, detail produk, hingga pendaftar komoditas lalu tempat item dibuat.

3. Cara Cek Sistem di BPOM Melalui Aplikasi

Berikut cara cek hasil di BPOM melalui aplikasi:

– Pastikan Anda telah terjadi mengunduh program Cek BPOM dalam ponsel terlebih dahulu.

– Buka aplikasi mobile tak lama kemudian pilih opsi pencarian sesuai kebutuhan. Mulai dari nomor registrasi, nama produk/nama dagang, serta lain-lain.

– Isi Kata Kunci Pokok pencarian berikutnya  klik ‘Cari’.

– Sistem akan menampilkan informasi lengkap mengenai suatu produk, meliputi nomor registrasi, detail produk, hingga pendaftar produk-produk dan juga tempat komoditas dibuat.

Cara Lapor Sistem Palsu di dalam BPOM

Jika menemukan barang yang tersebut mencurigakan dijual bebas juga mempunyai Nomor BPOM palsu, Anda dapat melaporkannya ke BPOM secara langsung. Berikut cara melapornya:

– Buka browser pada ponsel Anda setelah itu kunjungi web https://ulpk.pom.go.id/.

– Klik menu ‘Form Pengaduan’ kemudian isi formulir dengan data yang tersebut tepat.

– Jika sudah selesai, klik ‘Kirim’.

– Laporan Anda akan ditindaklanjuti oleh BPOM sesuai prosedur yang dimaksud berlaku.

Pilihan Editor: BPOM Peluncuran Sirup Solusi yang tersebut Aman dari Cemaran Etilen Glikol dan juga Dietilen Glikol

VIVIA AGARTHA F | RADEN PUTRI (CW) | POM.GO.ID

Artikel ini disadur dari 3 Cara Cek Nomor Registrasi Keamanan Produk di BPOM, Mudah!