Lifestyle

Menikmati hidangan khas India pada Handi Restaurant DKI Jakarta

15
×

Menikmati hidangan khas India pada Handi Restaurant DKI Jakarta

Sebarkan artikel ini
Menikmati hidangan khas India pada Handi Restaurant DKI Ibukota

Ibukota Indonesia – Warung Makan khas masakan India Handi Restaurant di dalam Hotel Le Meridien, DKI Jakarta Pusat, menghadirkan paket menu khusus makan malam. Paket itu adalah  The Nawabs Menu untuk para pengunjung yang dimaksud ingin merasakan cita rasa unik, ragam hidangan khas negeri Bollywood yang diracik dengan segera oleh chef profesional dengan syarat India.

Pada hari ini (Rabu, 26 Juni), ANTARA berkesempatan untuk mengunjungi Handi Restaurant sekaligus mencicipi paket The Nawabs Menu yang tersebut terdiri dari hidangan pembuka, hidangan utama, serta hidangan pencuci mulut.  Atau di tata cara sajian makan dikenal dengan istilah appetizer, main course, kemudian dessert.  Tiga istilah untuk jenis makanan yang digunakan disajikan di bentuk, porsi, juga urutan yang dimaksud berbeda.

Untuk hidangan pembuka, The Nawabs Menu menyajikan lal mirch kat tikka, paneer tikka, serta lasooni tomato shorba. Lal mirch kat tikka merupakan ayam yang dimaksud dimasak dengan tandoor (oven tanah liat berbentuk silinder yang tersebut digunakan untuk memasak) dan juga dimarinasi dengan yogurt, rempah-rempah khas India, dan juga pasta cabai.

Lal mirch kat tikka miliki aroma lalu rasa rempah yang mana cukup kuat. Namun, pengunjung tidak ada perlu khawatir dengan rasa rempahnya yang kuat dikarenakan materi yang disebutkan justru menambah cita rasa unik dari hidangan ini.

Hidangan pembuka selanjutnya adalah paneer tikka, yakni ayam tanpa tulang yang tersebut dimarinasi dengan yogurt. Dari segi rasa, paneer tikka mempunyai rasa sedikit lebih banyak asin dibandingkan lal mirch kat tikka, dengan rempah khas India yang dimaksud cukup kuat.

Menu lasooni tomato shorba, salah satu hidangan pembuka dari The Nawabs Menu yang mana disajikan oleh Handi Restaurant ke Ibukota Pusat, Rabu siang (26/6/2024). (ANTARA/Vinny Shoffa Salma)

 

Hidangan pembuka tiada lengkap rasanya jikalau tidaklah mencicipi sup satu ini, yaitu lasooni tomato shorba. Lasooni tomato shorba merupakan sup tomat yang dimaksud dihidangkan pada gelas kecil (mirip seperti gelas kopi espresso).

Soal rasa, lasooni tomato shorba cenderung asam-gurih dengan cita rasa daun ketumbar yang digunakan sangat terasa. Berbeda dari sup tomat pada umumnya, sup ini cenderung encer serta sedikit berminyak.

Setelah hidangan pembuka, kegiatan icip-icip berlanjut ke hidangan utama. Hidangan utama pada The Nawabs Menu adalah butter chicken, laal maas, kadhai paneer, dal handi, steamed rice, serta indian breads.

Menu pertama adalah butter chicken, yakni ayam yang dimaksud dimasak dengan bumbu kari serta tomat dan juga campuran rempah khas India. Berbeda dari butter chicken umumnya yang tersebut dimasak tanpa kuah, butter chicken di restoran ini disajikan dengan bumbu kental dari bahan-bahan di dalam atas.

Menu butter chicken, salah satu hidangan utama dari The Nawabs Menu yang dimaksud disajikan oleh Handi Restaurant di dalam Ibukota Pusat, Rabu siang (26/6/2024). (ANTARA/Vinny Shoffa Salma)

 

Cita rasa butter chicken ini sedikit mirip dengan gulai kari Indonesia, tetapi dengan rempah India yang mana sangat lebih besar kuat. Bagi lidah pendatang Indonesia, hidangan satu ini kemungkinan besar akan terasa familiar serta dapat memberikan rasa senyaman ketika dimakan.

Selain butter chicken, ada juga laal maas. Hidangan berbahan dasar betis domba ini dimasak dengan ragam rempah khas India di di oven keramik hingga empuk lalu matang.

Dari segi rasa, hidangan ini cukup pedas dengan rasa daging domba yang kuat. Meskipun rasa dombanya kuat, tetapi hidangan ini bukan berbau “prengus” mirip sekali juga sangat cocok disantap oleh para pencinta daging domba.

Ada juga khadai paneer, yakni keju cottage yang digunakan dimasak dengan bawang, tomat, kemudian rempah khas India. Hampir sebanding seperti hidangan India pada umumnya yang digunakan kuat akan rasa daun ketumbarnya, hidangan ini pun memiliki rasa demikian.

Meskipun rasa daun ketumbarnya cukup kencang, hidangan ini berubah jadi salah satu menu yang tersebut direkomendasikan lantaran cita rasanya yang gurih juga lezat. Dari segi tekstur, hidangan ini terasa lembut, seperti tahu putih serta dilengkapi dengan bawang bombay berlimpah untuk menyumbangkan tekstur “crunchy” ke dalamnya.

Menu hidangan utama dari The Nawabs Menu yang mana disajikan oleh Handi Restaurant pada Ibukota Pusat, Rabu siang (26/6/2024). (ANTARA/Vinny Shoffa Salma)

Tidak ketinggalan dal handi, yakni kacang lentil hitam yang digunakan dimasak sama-sama tomat, mentega, serta krim. Kental, gurih, berempah merupakan deskripsi paling pas pada waktu merasakan hidangan ini.

Dal handi sangat cocok dijadikan “saus cocolan” pendamping untuk dua hidangan roti khas India atau nasi yang mana telah satu di antaranya paket The Nawabs Menu. Jika dimakan tanpa roti pun tiada masalah, akibat dal handi juga terasa nikmat ketika dimakan tanpa sajian pelengkap lainnya.

Perut sudah ada kenyang, saatnya menyantap dua hidangan manis dari The Nawabs Menu sebagai penutup. Ada jalebi, yakni kue yang digoreng kering dengan balutan sirup gula, dan juga narangi kulfi dalam bentuk es krim khas India yang tersebut dimasukkan ke di dermis jeruk sunkis pada keadaan dingin.

Untuk menikmati paket The Nawabs Menu dalam Handi Restaurant, pengunjung dapat memesannya dengan merogoh kocek sebesar Rp600 ribu (selama pemasaran di bulan Juni). Perlu diingat bahwa The Nawabs Menu belaka tersedia untuk jam makan malam, sehingga pengunjung dapat memesannya sebelum jam makan waktu malam dimulai.

Pengetahuan lebih banyak lanjut, kunjungi laman media sosial Handi Restaurant pada @handibybrasserie.

Artikel ini disadur dari Menikmati hidangan khas India di Handi Restaurant Jakarta