Berita

3 Fakta Menarik Pedang Samurai Negeri Sakura Milik Jenderal TNI Ahmad Yani

13
×

3 Fakta Menarik Pedang Samurai Negeri Sakura Milik Jenderal TNI Ahmad Yani

Sebarkan artikel ini
3 Fakta Menarik Pedang Samurai Negeri Sakura Milik Jenderal TNI Ahmad Yani

JAKARTA – Pahlawan Revolusi Jenderal TNI (Anumerta) Ahmad Yani ternyata miliki pedang Samurai Negeri Matahari Terbit atau Katana yang diberikan manusia Kapten Jepang. Katana diberikan pada waktu sang Kapten berubah menjadi pengawas pelatihan Ahmad Yani saat bergabung dengan Pembela Tanah Air (PETA).

Ahmad Yani yang mana lahir di Purworejo, Jawa Tengah pada 19 Juni 1922 terkenal sosok yang digunakan tegas lalu cerdas pada militer. Pendidikan formalnya diawali di mana bersekolah di dalam Hollandsch-Inlandsche School (HIS) atau sekolah setingkat SD di dalam Bogor.

Setelah itu, Ahmad Yani melanjutkan institusi belajar ke Meer Uitgebreid Lager Onderwijs (MULO) atau setingkat SMP berikutnya masuk Algemene Middelbare School (AMS) setingkat SMA pada 1938.

Barulah setelahnya itu beliau mulai mengikuti institusi belajar militer di dalam Dinas Topografi Militer. Mantan Panglima Angkatan Darat itu menempuh institusi belajar militer di Malang, Jawa Timur selama enam bulan kemudian pertengahan tahun 1941 Sersan Cadangan Bagian Topografi Ahmad Yani ditugaskan ke Bandung.

Ketika Ahmad Yani menjalani sekolah lalu pelatihan militer inilah terdapat sebuah kisah ia mendapatkan pedang Samurai Negeri Matahari Terbit legendaris.

3 Fakta Menarik Pedang Samurai Negeri Sakura Legendaris Milik Jenderal Ahmad Yani

1. Didapat dari Kapten Yanagawa Moichiro

Katana legendaris didapat Ahmad Yani pada saat mengikuti lembaga pendidikan militer Heiho di Magelang, Jawa Tengah setelah itu bergabung dengan tentara Pembela Tanah Air (PETA).

Selama masa sekolah keras empat bulan itulah, kemampuan Ahmad Yani memperoleh pengakuan. Kapten Yanagawa Moichiro sebagai pengawas pelatihan memberikan Ahmad Yani sebuah Katana sebagai pengakuan menghadapi kompetensinya.

Sebelum menjalani pelatihan yang mana keras itu, Ahmad Yani dikirim ke Bogor, Jawa Barat untuk mengikuti institusi belajar militer secara lebih besar intensif. Mungkin oleh sebab itu inilah Ahmad Yani memiliki kemampuan ke berhadapan dengan rata-rata.

2. Pandai Bermain Sendai

Menurut penuturan anak Jenderal Ahmad Yani, Amelia A Yani, Sarwo Edhie Wibowo mengungkapkan jikalau Jenderal Ahmad Yani memang sebenarnya individu prajurit, ahli strategi peperangan sejak masuk PETA pada Bogor.

“Dia juga pandai main Sendai, olahraga Negeri Matahari Terbit dengan pedang Samurai. Karena pandainya itu, ia sanggup lulus dengan baik dan juga diberi pedang (gunto) yang mana paling panjang,” ujar Sarwo Edhie berdasarkan penuturan Amelia A Yani.

3. Pedang Gunto Diperoleh Ahmad Yani

Gunto merupakan nama yang mana digunakan untuk Pedang Samurai Jepang. Pedang ini kerap digunakan oleh tentara kemudian Angkatan Laut Negeri Matahari Terbit setelahnya berakhirnya Samurai pada tahun 1868.

Dengan diproduksinya secara massal, Gunto menjadi perlengkapan standar pada militer baru, mengambil tempat pedang yang mana dikenakan oleh kelas Samurai selama masa feodal. Tak heran apabila pada masa penjajahan Negeri Sakura pedang ini berubah menjadi salah satu ciri khas yang digunakan dimiliki setiap militer Jepang.

Artikel ini disadur dari 3 Fakta Menarik Pedang Samurai Jepang Milik Jenderal TNI Ahmad Yani