Kesehatan

5 Bahaya Duduk Terlalu Lama, Salah Satunya Picu Penyakit Jantung

8
×

5 Bahaya Duduk Terlalu Lama, Salah Satunya Picu Penyakit Jantung

Sebarkan artikel ini
5 Bahaya Duduk Terlalu Lama, Salah Satunya Picu Penyakit Jantung

JAKARTA – Apakah Anda suka menghabiskan waktu berjam-jam duduk di dalam depan layar? Ya, lebih besar dari separuh penduduk menghabiskan enam jam untuk duduk.

Jika Anda salah satunya, Anda dapat berisiko terkena beberapa permasalahan kesehatan, dari bertambah berat badan, jantung hingga kebugaran mental. Dikutip healths hots, berikut ulasannya.

Bahaya Duduk Terlalu Lama

1. Berat badan bertambah
Saat Anda bergerak, otot Anda mengurangi molekul seperti lipoprotein lipase, yang dimaksud membantu memproses lemak serta gula. Menghabiskan waktu berjam-jam untuk duduk mengempiskan produksi molekul-molekul ini, sehingga menyebabkan berat badan Anda bertambah. Hal ini juga meningkatkan risiko terkena sindrom metabolik.

2. Diabetes
Diabetes berlangsung sewaktu tubuh tidak ada mampu memproduksi cukup insulin, hormon yang dimaksud menyimpan kadar gula darah permanen terkendali. Sebuah penelitian yang dimaksud diterbitkan di jurnal Arteriosclerosis, Thrombosis, and Vascular Biology menemukan bahwa khalayak yang mana beristirahat selama lima hari mengalami peningkatan kekebalan insulin juga kemungkinan terkena diabetes.

3. Penyakit jantung
Terlalu sejumlah duduk pada waktu lama dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Sebuah penelitian yang tersebut diterbitkan di jurnal Medicine and Science in Sports and Latihan, menemukan bahwa pria yang tersebut menghabiskan lebih banyak dari 23 jam duduk di depan televisi mempunyai risiko 64 persen tambahan lebih tinggi meninggal akibat penyakit kardiovaskular dibandingkan pendatang yang mana mengikuti televisi selama 11 jam.

4. Kaki serta bokong lemah
Duduk sepanjang hari dapat menurunkan otot-otot tubuh untuk menahan Anda, sehingga menyebabkan atrofi otot. Hal ini adalah suatu keadaan yang disebabkan oleh penipisan atau hilangnya jaringan otot. Anda cenderung kehilangan 20-40 persen otot seiring bertambahnya usia, serta duduk sepanjang hari cuma akan memperburuk keadaan. Singkatnya, Anda akan miliki otot kaki kemudian bokong yang mana lemah, yang juga akan meningkatkan risiko cedera.

5. Tantangan kesejahteraan mental
Semakin berbagai waktu yang digunakan Anda habiskan untuk duduk, semakin besar risiko terjadinya hambatan keseimbangan mental, seperti kecemasan dan juga depresi. Sebuah penelitian yang tersebut diterbitkan di jurnal Springer Nature menemukan hubungan antara duduk lalu kebugaran mental yang merugikan. Hal ini dapat terbentuk lantaran kurang gerak atau latihan fisik.

Artikel ini disadur dari 5 Bahaya Duduk Terlalu Lama, Salah Satunya Picu Penyakit Jantung