Kesehatan

5 Manfaat Tak Terduga dari Bermain di dalam Lantai

Nadineworldwide.com – Global anak adalah dunia bermain. Bermain bukanlah semata-mata miliki khasiat agar anak senang juga bahagia, tetapi dengan bermain anak dapat belajar banyak hal.

Lalu, bermain seperti apa yang tersebut dapat menstimulasi bertambah kembang anak?

Fainna Safitri, M.Psi, Psikolog, selaku Psikolog Pendidikan, membeberkan beberapa orang tips lalu trik bagi para orang tua di menstimulasi berkembang kembang anak melalui permainan.

Dikatakan Fainna, proses bermain menjadi sangat penting bagi anak oleh sebab itu menjadi media untuk ‘mengeksplorasi dunia’. Anak-anak belajar melalui pengalaman-pengalaman baru yang digunakan dikenalkan orang tua atau yang tersebut ia kenali sendiri dari lingkungan sekitarnya.

Ketika anak bermain, ia sedang mempelajari sejumlah hal. Dari apa yang tersebut ia lihat, dengar, sentuh, hirup aromanya, rasakan melalui indra pengecap, ketika ia bergerak, bahkan ketika menyeimbangkan tubuhnya, itulah pada waktu anak belajar.

Dengan bermain, anak sanggup belajar mengenali lingkungannya, belajar mengenali emosinya, belajar berinteraksi dengan banyak orang, juga mengembangkan imajinasi.

“Dalam menstimulasi kecerdasan anak melalui kegiatan bermain, ada beberapa hal yang digunakan harus diperhatikan oleh orang tua. Pertama, orang tua harus punya pegangan milestone perkembangan anak berdasarkan usia. Kedua, sesuaikan kegiatan bermain dengan penekanan pada area yang dimaksud akan distimulasi. Berikutnya, yang dimaksud tak kalah penting adalah harus fleksibel agar kegiatan bermain tetap saja menyenangkan,” ujar Fainna pada acara “SoKlin Lantai Playdate #BeraniMainDiLantai” di tempat OBO Studio ‘n Play Bandung beberapa waktu lalu.

Ilustrasi Bermain di tempat Lantai. (Dok. SoKlin)
Ilustrasi Bermain pada Lantai. (Dok. SoKlin)

Fainna menambahkan bahwa anak usia 2 – 5 tahun perlu kegiatan bermain di dalam luar ruangan. Namun bagi keluarga yang mana tinggal di dalam perkotaan, terkadang ada belaka hambatan ketika ingin bermain dengan sang anak di tempat luar ruangan. Entah itu oleh sebab itu faktor keamanan, kesehatan, lingkungan, atau berbagai faktor lainnya.
Itu sebabnya, orang tua harus kreatif menghadirkan permainan outdoor ke di rumah. Salah satunya dengan bermain di tempat lantai.

Meski terdengar sederhana, bermain dalam lantai sebenarnya mempunyai banyak kegunaan untuk anak, lho. Berikut beberapa khasiat bermain pada lantai yang tersebut mampu didapat anak.

1. Membangun kekuatan kemudian koordinasi

Bermain pada lantai memberikan anak-anak kesempatan untuk melatih otot-otot dia juga mengembangkan koordinasi. Kegiatan seperti merangkak, berguling-guling, juga berdiri membantu anak-anak memulai pembangunan kekuatan pada kaki, lengan, juga tubuh mereka.

2. Mengembangkan sensorik juga motorik

Bermain di area lantai memberikan anak-anak kesempatan untuk menjelajahi dunia dia dengan cara yang dimaksud berbeda. Mereka dapat merasakan tekstur yang mana berbeda, mendengar kata-kata yang mana berbeda, kemudian meninjau hal-hal dari perspektif yang digunakan berbeda. Semua input sensorik ini membantu anak-anak mengembangkan kemampuan motorik juga sensorik mereka.

3. Mendorong kreativitas dan juga imajinasi

Bermain di area lantai memberikan anak-anak kesempatan untuk menggunakan imajinasi mereka dan juga menciptakan dunia dia sendiri. Mereka dapat mendirikan benteng, berpura-pura menjadi karakter favorit mereka, kemudian menciptakan cerita dia sendiri. Semua permainan imajinatif ini membantu anak-anak mengembangkan kreativitas dan juga kemampuan mereka itu memecahkan masalah.

4. Menguatkan interaksi sosial

Bermain di tempat lantai memberikan anak-anak kesempatan untuk bermain dengan anak-anak lain juga orang tua mereka. Interaksi sosial ini membantu anak mengembangkan keterampilan sosial merek kemudian belajar bagaimana berinteraksi dengan orang lain.

5. Menyenangkan kemudian menghibur

Bermain di dalam lantai adalah cara yang menyenangkan serta menghibur bagi anak-anak untuk menghabiskan waktu. Ini adalah adalah cara yang tersebut bagus bagi mereka untuk bersantai, melegakan energi, kemudian bersenang-senang.

Meski demikian, Fainna mengingatkan agar setiap orang tua harus memperhatikan faktor keamanan lalu kebersihan tempat anak bermain. Jangan sampai anak jadi sakit akibat lingkungannya pada waktu bermain tidak ada bersih, ya.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button