Kesehatan

6 Efek Samping Tidur Pakai AC, Waspada Nyeri Sendi serta Asma

11
×

6 Efek Samping Tidur Pakai AC, Waspada Nyeri Sendi serta Asma

Sebarkan artikel ini
6 Efek Samping Tidur Pakai AC, Waspada Nyeri Sendi juga Asma

JAKARTA Tidur dengan AC dapat memiliki beberapa efek samping kesehatan yang mana harus diwaspadai. Terutama jikalau AC diatur pada suhu yang terlalu rendah atau digunakan secara berlebihan dan juga alat yang tidak ada dirawat dengan baik.

Seseorang yang tersebut sensitif terhadap dingin semakin berisiko tinggi mengalami efek samping ketika tidur menggunakan AC. Namun, hal yang dimaksud telah lama berubah jadi kebiasaan banyak orang.

Ini dikarenakan AC dapat memberikan kelegaan pada di malam hari yang tersebut panas lalu lembap sehingga membantu tidur lebih besar nyenyak. Berada pada pada ruangan dengan AC menyala, juga berubah jadi hal yang digunakan paling umum berjalan pada rumah serta kantor ketika ini.

6 Efek Samping Tidur Pakai AC

Berikut efek samping tidur pakai AC dilansir dari Times of India, Rabu (17/4/2024).

1. Gangguan Pernapasan

Tidur dalam ruangan dengan AC menyala dapat menyebabkan kelainan pernapasan, teristimewa bagi individu yang dimaksud sensitif terhadap udara dingin atau memiliki penyakit pernapasan seperti asma atau alergi. Atmosfer dingin yang digunakan dihasilkan AC dapat mengiritasi saluran pernapasan sehingga menyebabkan gejala seperti batuk, mengi, dada sesak, kemudian sesak napas.

Selain itu, unit AC dapat menyebarkan alergen dan juga polutan ke udara jikalau tak dirawat dengan baik. Sehingga memperburuk gejala pernapasan bagi individu yang tersebut rentan.

Untuk mengempiskan hambatan pernapasan, pertimbangkan untuk mengatur suhu AC pada tingkat sedang, menggunakan pelembab udara untuk menambah kelembapan udara, lalu membersihkan atau mengganti filter udara secara teratur untuk mengempiskan alergen juga polutan.

2. Kulit juga Mata Kering

Tidur menggunakan AC dapat menyebabkan epidermis juga mata bermetamorfosis menjadi kering akibat berkurangnya tingkat kelembapan. Atmosfer dingin yang dihasilkan AC dapat menghilangkan kelembapan epidermis sehingga menyebabkan lapisan kulit kering, gatal, serta mengelupas.

Artikel ini disadur dari 6 Efek Samping Tidur Pakai AC, Waspada Nyeri Sendi dan Asma