Kesehatan

7 Penyebab Keringat Berlebih pada Penderita Diabetes juga Cara Mengatasinya

10
×

7 Penyebab Keringat Berlebih pada Penderita Diabetes juga Cara Mengatasinya

Sebarkan artikel ini
7 Penyebab Keringat Berlebih pada Penderita Diabetes juga Cara Mengatasinya

JAKARTA – Keringat berlebih atau hiperhidrosis pada penderita kencing manis dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Termasuk fluktuasi kadar gula darah, gangguan sistem saraf otonom, juga efek samping dari obat-obatan.

Keringat waktu malam banyak kali berjalan akibat rendahnya glukosa darah, yang tersebut sanggup dialami pada penderita kencing manis . Ketika glukosa darah turun, memunculkan adrenalin berlebih sehingga menyebabkan keringat.

Penting untuk diingat bahwa penyembuhan keringat berlebih pada penderita penyakit gula harus dipersonalisasi sesuai dengan keadaan kebugaran masing-masing individu. Konsultasikan dengan dokter atau ahli kesejahteraan untuk mendapatkan saran yang tersebut tepat sesuai dengan kebutuhan.

Penyebab Keringat Berlebih pada Penderita Diabetes lalu Cara Mengatasinya

Berikut pemicu keringat berlebih pada penderita kencing manis dilansir dari Health Shots, Rabu (22/5/2024).

1. Fluktuasi Gula Darah

Perubahan kadar gula darah yang mana signifikan dapat memengaruhi sistem saraf otonom, yang dimaksud mengatur respons tubuh terhadap suhu kemudian keringat. Kadar gula darah yang tersebut membesar atau rendah dapat menyebabkan keringat berlebih.

2. Neuropati Diabetik

Diabetes dapat menyebabkan kecacatan pada saraf (neuropati), di antaranya saraf yang mana mengatur keringat. Neuropati diabetik dapat menyebabkan ketidakmampuan tubuh untuk mengatur suhu dengan benar, yang mana dapat menyebabkan keringat berlebih.

3. Obat-obatan

Beberapa obat yang dimaksud digunakan untuk mengobati kencing manis atau komplikasi terkait penyakit gula dapat menyebabkan efek samping terdiri dari keringat berlebih. Misalnya, medikasi seperti insulin, metformin, atau sulfonylurea dapat menyebabkan keringat berlebih pada beberapa orang.

4. Gangguan Sistem Saraf Otonom

Diabetes dapat menyebabkan gangguan jiwa pada sistem saraf otonom, yang tersebut mengatur fungsi-fungsi tubuh yang dimaksud bukan disadari seperti detak jantung, pencernaan, dan juga keringat. Gangguan ini dapat menyebabkan keringat berlebih.

Artikel ini disadur dari 7 Penyebab Keringat Berlebih pada Penderita Diabetes dan Cara Mengatasinya