Kesehatan

8 Penyakit Pasca-lebaran akibat Makan Berlebihan, Kolesterol hingga Asam Urat

12
×

8 Penyakit Pasca-lebaran akibat Makan Berlebihan, Kolesterol hingga Asam Urat

Sebarkan artikel ini
8 Penyakit Pasca-lebaran akibat Makan Berlebihan, Kolesterol hingga Asam Urat

JAKARTA – Sajian khas Lebaran kerap menyebabkan ‘kalap’. Hal ini akibat rasanya yang lezat juga hanya saja dihadirkan pada hari spesial. Namun, jikalau mengonsumsinya berlebihan, bisa saja menyebabkan bermacam macam penyakit.

Ada pun penyakit pasca-lebaran yang tersebut kerap dialami banyak orang, seperti diare, sindrom dispepsia, bengkak tenggorokan hingga diabetes.

Berikut beberapa macam penyakit setelahnya lebaran yang wajib diwaspadai, dilansir dari laman Siloam Hospital, Hari Sabtu (13/4/2024).

Penyakit Pasca-lebaran

1. Kolesterol Tinggi

Asupan makanan berlemak, seperti gorengan, jeroan, lalu santan, yang dimaksud tak terkontrol ketika lebaran diketahui berisiko meningkatkan kadar steroid jahat (LDL) dalam pada tubuh.

Jika terbentuk secara terus-menerus, peningkatan kadar lipid jahat ini dapat mengakibatkan komplikasi serius, seperti jantung koroner hingga serangan jantung.

2. Diabetes

Konsumsi hidangan lebaran yang dimaksud mengandung gula tinggi secara berlebihan diketahui dapat meningkatkan kadar gula darah di di tubuh.

Jika dibiarkan, keadaan ini berisiko memunculkan penyakit diabetes. Karena itu, ada baiknya untuk membatasi konsumsi makanan membesar gula selama lebaran guna berubah jadi kadar gula darah agar tetap stabil.

3. Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan atau faringitis merupakan peradangan yang berjalan di tenggorokan dan juga dengan rasa perih dan juga nyeri ketika menelan.

Saat lebaran, penyakit ini kerap kali berlangsung akibat konsumsi makanan lalu minuman yang terlalu panas, dingin, atau pedas secara berlebihan.

4. Diare

Risiko penyakit setelahnya lebaran selanjutnya adalah diare, yaitu gangguan mental pencernaan yang digunakan ditandai dengan feses cair serta meningkatnya jumlah kali buang air besar.

Diare setelahnya lebaran banyak kali berlangsung dikarenakan pola makan yang tersebut tidaklah terjaga, seperti mengonsumsi makanan pedas lalu tinggi lemak secara berlebihan, hingga mengonsumsi makanan tanpa cuci tangan.

5. Sindrom Dispepsia

Selain diare, sindrom dispepsia juga berubah menjadi salah satu gangguan pencernaan yang mana rentan berjalan pasca lebaran. Hal ini dikarenakan makanan pedas kemudian lebih tinggi lemak yang dimaksud dikonsumsi ketika lebaran cenderung lebih besar sulit dicerna oleh lambung sehingga dapat memulai naiknya asam lambung. Akibatnya, keadaan yang disebutkan berisiko menyebabkan gejala nyeri pada ulu hati, perut kembung, hingga mual juga muntah.

6. Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Tekanan darah besar (hipertensi) merupakan situasi medis sebagai tekanan darah melebihi batas normal, yaitu pada menghadapi 120/80.

Kondisi ini juga rentan berlangsung selama lebaran akibat konsumsi hidangan lebaran yang tersebut mengandung lemak serta garam lebih tinggi secara berlebihan.

7. Nyeri Otot

Lebaran berubah menjadi momen yang tersebut kerap diisi dengan bermacam macam aktivitas fisik, seperti berkunjung untuk silaturahmi atau pergi ke tempat wisata dengan keluarga.

Namun, bila dikerjakan secara berlebihan, hal yang disebutkan justru dapat mengakibatkan gangguan jiwa kesehatan, seperti nyeri hingga kram otot.

8. Asam Urat

Penyakit asam urat atau gout adalah inflamasi sendi yang dimaksud disebabkan oleh menumpuknya kristal asam urat di dalam pada tubuh.

Penyakit asam urat rentan kambuh pada waktu lebaran sebab konsumsi makanan yang mengandung asam urat secara berlebihan, seperti melinjo, kacang tanah, dan juga komoditas olahannya.

Artikel ini disadur dari 8 Penyakit Pasca-lebaran akibat Makan Berlebihan, Kolesterol hingga Asam Urat