Otomotif

Apa Bedanya Servis dengan Tune Up?

31
×

Apa Bedanya Servis dengan Tune Up?

Sebarkan artikel ini
Apa Bedanya Servis dengan Tune Up?

Nadineworldwide.com – Ketika datang ke perawatan kendaraan, seringkali muncul pertanyaan, apa sebenarnya perbedaan antara tune up lalu servis mobil biasa? Apakah servis rutin mencakup semua aspek tune up?

Dikutip dari berbagai sumber, mari kita jabarkan perbedaan kunci antara keduanya agar Anda dapat menghasilkan kebijakan yang dimaksud tambahan tepat untuk perawatan kendaraan Anda.

Tune Up: Lebih dari Sekadar Servis

Tune up sejatinya adalah bagian dari servis mobil secara umum, namun, prakteknya mempunyai cakupan yang sangat tambahan luas. Dalam tune up, mekanik tiada hanya sekali melakukan pemeriksaan rutin tetapi juga melakukan beberapa pekerjaan tambahan yang digunakan meningkatkan kinerja serta efisiensi mesin kendaraan.

Biaya Tune Up Lebih Tinggi

Salah satu perbedaan signifikan antara tune up kemudian servis biasa adalah dari segi biaya. Tune up umumnya memerlukan biaya yang lebih lanjut tinggi sebab melibatkan pekerjaan tambahan kemudian penyetelan yang digunakan lebih besar rinci.

Meskipun servis mobil biasa mencakup pengecekan beberapa komponen, tune up melakukan konfirmasi setiap aspek kendaraan diperhatikan secara mendalam.

Lingkup Pekerjaan Tune Up

Tune up mencakup penyetelan dan juga perawatan lebih lanjut rinci, teristimewa pada bagian pada mesin kendaraan. Untuk mobil dengan sistem karburator, membersihkan serta menyetel karburator menjadi bagian integral dari tune up.

Sementara itu, pada mobil dengan sistem injeksi, throttle body akan dibersihkan menggunakan cairan khusus.

Pengecekan juga penyetelan celah katup juga menjadi fokus utama pada tune up, teristimewa untuk mesin dengan sistem katup konvensional.

Hal ini bertujuan agar katup tetap saja pada kondisi optimal dengan celah yang digunakan sesuai standar, berada di kisaran 0,2 hingga 0,3 mm.

Servis Mobil Biasa

Sementara tune up melibatkan penyetelan lalu perawatan mendalam, servis mobil biasa tambahan terfokus pada pemeriksaan rutin juga pemeliharaan umum.

Ini melibatkan pengecekan filter udara, fluida, sistem injeksi, serta bagian-bagian mesin tanpa perlu membongkar secara menyeluruh.

Jika kendaraan Anda memerlukan perhatian ekstra teristimewa pada performa mesin, tune up menjadi pilihan yang digunakan tepat.

Namun, untuk pemeliharaan rutin serta pemeriksaan standar, servis mobil biasa masih dapat menjaga kendaraan Anda di kondisi baik. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan mekanik atau teknisi terkait keperluan spesifik kendaraan Anda.

(Sumber: Suara.com)