Kesehatan

Apakah Racikan Jeruk Nipis juga Kecap Bisa Sembuhkan Radang Tenggorokan?

6
×

Apakah Racikan Jeruk Nipis juga Kecap Bisa Sembuhkan Radang Tenggorokan?

Sebarkan artikel ini
Apakah Racikan Jeruk Nipis juga Kecap Bisa Sembuhkan Radang Tenggorokan?

JAKARTA – Sakit radang tenggorokan kerap kali menghantui baik kelompok usia muda maupun tua. Biasanya situasi yang disebutkan hadir disertai dengan demam lalu sakit kepala.

Salah satu racikan obat alami yang digunakan disarankan untuk dikonsumsi saat sakit tenggorokan yaitu campuran air jeruk nipis juga kecap manis. Banyak pendatang percaya ramuan yang disebutkan ampuh mengobati inflamasi tenggorokan.

Lantas, apakah benar racikan jeruk nipis serta kecap secara medis ampuh untuk mengobati peradangan tenggorokan?


Menanggapi hal tersebut, dokter sekaligus content creator kesegaran dr. Adrian Setiaji menjelaskan bahwa komposisi jeruk nipis memang benar bisa jadi mengobati sakit tenggorokan, namun tidak ada dengan kecap manis.

“Jawabannya ada dua ya. Pertama jeruk nipisnya bener ngefek, tapi yang kedua kecap manisnya itu nggak ngefek,” kata dr. Adrian, disitir dari akun Instagram @doktermedok, Selasa (21/5/2024).

Dokter Adrian mengatakan kalau jeruk nipis memang sebenarnya bermanfaat untuk mengobati inflamasi tenggorokan. Sebab, zat jeruk nipis bisa jadi memberikan efek antiinflamasi, antibakteri, dan juga mampu menangkal radikal bebas.

“Kalau jeruk nipis sendiri itu ia punya efek antiinflamasi, penangkal radikal bebas, punya efek antibakteri juga, lalu pastinya dapat bermanfaat kalau terjadi peradangan tenggorokan,” ujarnya.

Akan tetapi, kecap manis di racikan yang dimaksud bukan miliki kegunaan bagi kesehatan. Hanya, kecap manis berperan untuk menetralisir rasa asam dari jeruk nipis.


“Nah kecap manisnya ini sebetulnya itu hanya sekali untuk menetralisir rasa asamnya aja. Jadi biar nggak asem-asem banget gitu, makanya dikasih kecap manis. Tapi, sebenarnya nggak ada faedah kesehatannya,” jelas dr. Adrian.

Meski begitu, dr. Adrian menyarankan bagi orang-orang yang digunakan tahan asam sebaiknya dengan segera mengonsumsi jeruk nipis tanpa tambahan penetralisir.

Ketimbang kecap manis, dr. Adrian lebih lanjut menyarankan pemanfaatan madu untuk menggantikan kecap. Sebab, zat madu memiliki kegunaan antiinflamasi dan juga antimikrobial yang digunakan bisa saja membantu meredakan nyeri akibat inflamasi tenggorokan.

“Sebenarnya kalau temen-temen yang tersebut tahan asem, minum jeruk nipisnya aja nggak masalah. Tapi kalau nggak, justru yang tersebut disaranin itu pakai madu,” kata dr. Adrian.

“Madu ini juga punya efek antiinflamasi, menangkal radikal bebas, juga juga punya antimikrobial,” pungkasnya.

Artikel ini disadur dari Apakah Racikan Jeruk Nipis dan Kecap Bisa Sembuhkan Radang Tenggorokan?