Otomotif

Balik Libur Nataru Mobil Pribadi Terendam Banjir, Bisa Dapat Ganti Rugi dari Asuransi?

19
×

Balik Libur Nataru Mobil Pribadi Terendam Banjir, Bisa Dapat Ganti Rugi dari Asuransi?

Sebarkan artikel ini
Balik Libur Nataru Mobil Pribadi Terendam Banjir, Bisa Dapat Ganti Rugi dari Asuransi?

Nadineworldwide.com – Selamat tahun baru dari kanal otomotif Suara.com, semoga Libur Nataru atau Libur Natal serta Tahun Baru berkesan seru. Saatnya mengecek mobil kesayangan, baik yang ditinggalkan pada rumah mau pun diajak bepergian bersama.

Kondisi mobil kesayangan, baik yang tersebut diajak bepergian atau ditinggal mesti pada keadaan siap dipakai untuk keinginan selanjutnya. Nah, bagaimana bila ketika dibawa bepergian atau disimpan pada garasi mengalami kejadian banjir alias kebanjiran?

Dikutip dari rilis resmi Garda Oto–asuransi mobil dari Asuransi Astra–sebagaimana diterima Suara.com, bila kedudukan rumah berada pada area banjir, terbuka kemungkinan mobil terendam air pada waktu musim hujan.

Juga tiada menangguhkan kemungkinan bagi kawasan yang tersebut sangat jauh kondisi rawan banjir pun bisa jadi terkena, oleh sebab itu bencana alam tidak ada dapat diprediksi dengan tepat sehingga terjadi tanpa ada peringatan. 

Perhatikan air naik yang dimaksud cepat sehingga perlu penanganan menyeluruh melawan mobil terdampak banjir [Dok Asuransi Astra].
Perhatikan air naik yang dimaksud cepat sehingga perlu penanganan menyeluruh menghadapi mobil terdampak banjir [Dok Asuransi Astra].

Bila terjadi banjir menimpa mobil, jangan panik. Beberapa langkah dapat dijalankan untuk meminimalkan risiko kecacatan menghadapi kendaraan kita, kemudian tetap memperlihatkan bisa saja melakukan klaim asuransi mobil.

Berikut langkah penanganan mobil banjir kemudian asuransi mobil:

  • Pastikan ada opsi untuk memindahkan kemudian mengevakuasi mobil ke tempat yang mana lebih besar tinggi pada pada waktu banjir. 
  • Apabila tidak ada sempat melakukan pemindahan atau evakuasi mobil, tutup knalpot terlebih dahulu supaya air tidaklah masuk ke di mesin mobil juga merusak mesin. 
  • Bagi yang tersebut mempunyai asuransi Garda Oto, dapat segera menghubungi Garda Siaga melalui program myGarda atau Garda Akses 24 Jam untuk layanan darurat.
  • Jangan ragu untuk mengurangi kabel negatif pada aki atau sel guna menjaga dari korsleting listrik. Pelepasan kabel ini menjaga dari rusaknya berbagai macam komponen listrik di tempat dalamnya. 
  • Lakukan pencabutan kabel negatif ketika mobil sebelum terendam. Ciri-ciri kabel negatif pada aki ditandai dengan simbol – (minus / kurang). Kabel yang menempel pada terminal negatif aki / akumulator adalah warna hitam polos atau yang dimaksud sejenisnya.
  • Bila oli tercampur dengan air banjir, tangki oli harus dikuras habis terlebih dahulu baru kemudian diisi kembali. Pengurasan sebaiknya diadakan bengkel resmi. Ciri-ciri oli telah tercampur air yaitu warna oli berubah menjadi putih seperti susu
  • Apabila mobil telah pada kedudukan terendam banjir, jangan segera menyalakan mesin. Mesin terendam banjir jikalau dinyalakan bisa saja mengakibatkan korsleting aki atau baterai. 
  • Bagi pemilik kendaraan sebaiknya secara langsung menghubungi Garda Akses guna dapat melakukan pengecekan kerusakan mobil. 
  • Jangan sampai pemilik kendaraan melakukan perbaikan sendiri sebelum menghubungi pihak asuransi. Keadaan ini memungkinkan terjadinya gagal klaim. 

Merujuk pada penjelasan di dalam Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI) pasal 3 ayat 4 yang menyatakan kalau asuransi tidaklah menjamin kerugian, kerusakan serta biaya menghadapi kendaraan bermotor tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga jikalau dikemudikan secara paksa meskipun secara teknis kondisi kendaraan di keadaan rusak atau tiada laik jalan (ayat 4.4).

“Jangan melakukan perbaikan sendiri atau menyalakan mesin kendaraan yang mana baru belaka terendam banjir, sebaiknya tunggu pasukan kami datang memeriksa,” demikian imbau Laurentius Iwan Pranoto, Head of PR, Marcomm, & Event Asuransi Astra.

Ia menjelaskan bahwa kendaraan yang dimaksud terendam banjir sebaiknya tiada dipaksa jalan lantaran sanggup merugikan keselamatan pengemudi.

“Kami sangat berkonsentrasi dengan keselamatan pelanggan kami, sebaiknya ketika mengetahui mobil sudah ada terendam banjir, pelanggan secara langsung menghubungi Garda Siaga melalui program myGarda atau Garda Akses 24 Jam. Tim kami akan senantiasa membantu pelanggan kapan saja,” tukasnya.

Pastikan asuransi Garda Oto yang mana dimiliki telah dilakukan mendapatkan perluasan jaminan asuransi supaya mendapatkan pengamanan ekstra ketika banjir. 

Bagi pemilik polis asuransi Garda Oto, Anda dapat dengan mudah melakukan klik tombol darurat di area aplikasi mobile myGarda, menelepon Garda Akses 1 500 112 atau chat melalui layanan Whatsapp Garda Akses di area nomor 08950 1 500 112 pada waktu keadaan darurat terjadi. 

Garda Oto, produk-produk dari Asuransi Astra akan memberikan proteksi terbaik bagi kendaraan Anda. Kini, Anda juga dapat dengan mudah membeli lalu melakukan perpanjangan polis asuransi hingga klaim dan juga perluasan jaminan dengan mudah ,secara online melalui aplikasi mobile myGarda.

(Sumber: Suara.com)