Otomotif

Begini Tips Bersihkan Kerak Oli pada Rantai Motor

Nadineworldwide.com – Rantai motor yang dimaksud bersih dan juga terawat adalah kunci utama untuk menjaga performa motor Anda tetap saja optimal. Salah satu hambatan umum yang tersebut dapat menghambat kinerja rantai adalah terbentuknya kerak oli. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut tips ampuh untuk membersihkan kerak oli pada rantai motor Anda lalu menjaga agar rantai tetap memperlihatkan berfungsi dengan baik.

1. Periksa Rantai Secara Berkala

Penting untuk secara rutin memeriksa kondisi rantai motor. Perhatikan apakah ada tanda-tanda kerak oli atau kotoran yang mana menumpuk. Pemeriksaan rutin akan membantu Anda mendeteksi permasalahan sejak dini.

2. Gunakan Pembersih Rantai Motor

Pembersih rantai motor adalah solusi efektif untuk menghilangkan kerak oli. Semprotkan pembersih rantai pada seluruh rantai dan juga biarkan beberapa ketika agar cairan dapat melunakkan kotoran. Setelah itu, gunakan sikat rantai untuk menyikat bagian-bagian yang digunakan kotor.

3. Gunakan Sikat Gigi Bekas

Sikat gigi bekas adalah alternatif yang tersebut efektif untuk membersihkan rantai motor. Sikat ini dapat mencapai bagian-bagian yang digunakan sulit dijangkau lalu membersihkan dengan baik. Pastikan sikat gigi yang digunakan sudah ada bersih dari residu pasta gigi atau sisa-sisa lainnya.

4. Rendam Rantai di Larutan Pembersih

Jika kerak oli sangat membandel, pertimbangkan untuk merendam rantai pada larutan pembersih rantai khusus. Larutan ini dapat membantu melonggarkan kerak oli yang digunakan melekat, memudahkan proses pembersihan.

5. Keringkan Rantai Dengan Baik

Setelah membersihkan rantai, pastikan untuk mengeringkannya dengan baik sebelum mengaplikasikan pelumas. Menggunakan angin dari kompresor udara atau membiarkannya kering secara alami akan membantu menjaga dari terbentuknya karat.

6. Lakukan Pelumasan Rantai

Setelah membersihkan rantai, jangan lupa untuk melakukan pelumasan. Pilih pelumas rantai motor yang mana sesuai dengan kondisi pemakaian motor Anda. Pelumas akan membantu menurunkan konflik juga melindungi rantai dari keausan.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button