Lifestyle

Benarkah Makan Waktu petang Bikin Gemuk? Ternyata Hal ini Pemicunya

15
×

Benarkah Makan Waktu petang Bikin Gemuk? Ternyata Hal ini Pemicunya

Sebarkan artikel ini

Jakarta – Banyak warga percaya makan di malam hari bisa saja menyebabkan berat badan naik. Makan di dalam waktu malam hari, khususnya mendekati tidur atau dalam melawan pukul 8 di malam hari dianggap dapat menyebabkan penumpukan lemak hingga tubuh menjadi gemuk. Namun, benarkah demikian? 

Sebenarnya ada berbagai pendapat mengenai apakah benar makan waktu malam bisa saja bikin gemuk. Beberapa penelitian mengumumkan makan mendekati tidur dapat menimbulkan berat badan naik, sementara sebagian penelitian lain menyatakan bukan ada hubungannya antara makan di malam hari dan juga kenaikan berat badan. 

Untuk lebih lanjut memahaminya, berikut ini informasi lengkapnya untuk Anda. 

Apakah Makan Waktu petang Bisa Bikin Gemuk? 

Mengutip Healthline, beberapa studi menunjukkan bahwa yang mana penting bukanlah waktu makan, melainkan total kalori yang mana dikonsumsi. Singkatnya, makan larut waktu malam tidaklah ada hubungannya dengan kenaikan berat badan. 

Sebaliknya, Harvard Health Publishing menyatakan bahwa beberapa penelitian di dekade terakhir menunjukkan bahwa makan di waktu malam hari mungkin saja menimbulkan penurunan berat badan lebih lanjut sulit. 

Sebuah studi baru dari Brigham and Women’s Hospital juga Harvard Medical School mencoba membuktikan hal ini kemudian hasilnya makan ke waktu malam hari dapat meningkatkan rasa lapar, menurunkan kadar hormon pengurang nafsu makan (leptin), meningkatkan jumlah total lemak yang digunakan disimpan, lalu menurunkan jumlah agregat lemak yang dibakar sepanjang hari. 

Pemicu Berat Badan Naik Saat Makan ke Waktu senja Hari

Saat ini, belum ada alasan fisiologis pasti mengapa makan sebelum tidur menyebabkan penambahan berat badan. Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa pendatang yang makan sebelum tidur memang sebenarnya tambahan mungkin saja mengalami kenaikan berat badan.

Kendati demikian, ada satu aspek yang mana dapat menyebabkan berat badan jadi naik, yaitu kebiasaan nyemil. Camilan sebelum tidur berkemungkinan meningkatkan asupan kalori di dalam luar keinginan harian lalu menyebabkan penambahan berat badan

Selain itu, aspek lainnya adalah tiada makan cukup di dalam siang hari sehingga menyebabkan rasa lapar sebelum tidur. 

Rasa lapar yang digunakan ekstrem ini dapat menyebabkan siklus makan berlebihan sebelum tidur. Siklus ini dapat menyebabkan makan berlebihan juga penambahan berat badan, sehingga penting untuk mengonsumsi makanan seimbang sepanjang hari.

Secara keseluruhan, mitos makan di malam hari bikin gemuk tidaklah sepenuhnya benar. Penambahan berat badan lebih lanjut bergantung pada total asupan kalori harian, kualitas makanan, juga gaya hidup. 

Makan di malam hari tak akan menyebabkan kenaikan berat badan jikalau direalisasikan dengan bijak, yaitu memilih makanan sehat, mengatur porsi, lalu mengelakkan kebiasaan makan yang buruk. 

Tips Makan di dalam Waktu senja Hari agar Tidak Gemuk

Berikut adalah beberapa tips untuk makan di di malam hari hari tanpa khawatir berat badan bertambah. 

1. Pilih Makanan yang Optimal juga Rendah Kalori

Agar berat badan bukan naik ketika makan ke di malam hari hari, pilih makanan rendah kalori tetapi tinggi nutrisi. Buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, juga yogurt rendah lemak adalah pilihan yang dimaksud baik. 

Konsumsi juga makanan tinggi protein seperti ayam tanpa kulit, ikan, tahu, atau kacang-kacangan yang dimaksud dapat membantu merasa kenyang lebih banyak lama. Hindari makanan lebih tinggi gula lalu lemak jenuh.

2. Kontrol Porsi Makan

Kendalikan ukuran porsi makanan yang mana dikonsumsi. Makan pada porsi kecil dapat membantu menghurangi asupan kalori berlebih. Jika merasa wajib ngemil, pilih camilan fit juga pada porsi kecil. Hindari camilan yang tersebut tinggi kalori seperti keripik, cokelat, atau kue.

3. Hindari Karbohidrat Tinggi serta Makanan Berat

Kurangi konsumsi makanan yang tinggi karbohidrat dan juga makanan berat seperti nasi putih, pasta, kemudian roti. Pilih makanan yang tersebut lebih banyak ringan seperti salad atau sup sayuran. 

Selain itu, pastikan asupan kalori Anda seimbang sepanjang hari. Jangan menambah asupan kalori harian Anda dengan makan pada waktu malam hari

4. Perbanyak Minum Air Putih

Kadang-kadang rasa lapar di dalam waktu malam hari sebenarnya adalah rasa haus. Cobalah minum segelas air putih sebelum memutuskan untuk makan sesuatu

5. Aktif Bergerak Setelah Makan

Setelah makan malam, lakukan aktivitas ringan seperti berjalan kaki. Ini adalah membantu pencernaan serta membakar sebagian kalori yang digunakan sudah Anda konsumsi.

RIZKI DEWI AYU

Artikel ini disadur dari Benarkah Makan Malam Bikin Gemuk? Ternyata Ini Pemicunya