Kesehatan

Benarkah Masak Nasi dengan Minyak Kelapa Bisa Turunkan Kadar Kalorinya?

10
×

Benarkah Masak Nasi dengan Minyak Kelapa Bisa Turunkan Kadar Kalorinya?

Sebarkan artikel ini
Benarkah Masak Nasi dengan Minyak Kelapa Bisa Turunkan Kadar Kalorinya?

JAKARTA – Nasi merupakan makanan pokok sebagian besar warga Indonesia. Sampai tak jarang sejumlah yang mana menganggap bahwa mengonsumsi sumber karbohidrat lain seperti kentang, ubi, dan juga jagung kurang mengenyangkan.

Namun, zat gula serta kalori pada nasi juga harus diperhatikan. Pasalnya, jikalau dikonsumsi di porsi berlebih dapat membahayakan kesehatan, khususnya bagi dia yang mengidap diabetes.

Kalau biasanya memasak nasi belaka ditambahkan air, namun memasak nasi dengan air lalu minyak kelapa ternyata membantu menurunkan zat kalori serta gula dalam dalamnya.


Praktisi Bidang Kesehatan dr. Dicky Budiman menjelaskan, memasak nasi dengan tambahan minyak kelapa sudah ada terbukti oleh penelitian dapat menurunkan 50%-60% persen kalori dan juga gula dari nasi itu sendiri.

“Betul, memasak seperti itu, dengan tambahan minyak kelapa, memang sebenarnya riset membuktikan bisa saja menurunkan 50 sampai 60 persen (kalori) bahkan,” kata dr. Dicky Budiman ketika dihubungi MNC Portal Indonesia, Hari Sabtu (13/4/2024).

Hal ini dapat terbentuk oleh sebab itu minyak kelapa mampu meningkatkan zat pati resisten. Pati resisten merupakan fraksi pati yang dimaksud tiada dihidrolisis oleh enzim yang mana dihasilkan oleh pankreas selama 120 menit setelahnya dikonsumsi.

“Tentu saat proporsinya biasanya pada melawan 3% dari totalnya, ini secara ilmiah terbukti. Karena lebih tinggi meningkatnya zat pati resisten. Artinya yang tersebut dicerna pada tubuh jadi lebih lanjut sedikit. Cara ini sebetulnya sudah ada relatif lama ditemukan,” ujarnya.

Meski begitu, dr. Dicky Budiman mengungkapkan, selain minyak kelapa, mencampurkan minyak zaitun masak juga sanggup berlaku hal serupa.


“Bahkan pada konteks di kita tidaklah mesti menambahkan ketika memasak, juga tak mesti minyak kelapa lantaran minyak zaitun juga hampir serupa,” jelas dr. Dicky Budiman.

Jika tak memiliki keduanya, maka Anda juga bisa jadi menambahkan serundeng atau kelapa sangrai kering tanpa diberikan gula atau tambahan material lain untuk sanggup membantu menurunkan kalori lalu gula di nasi.

Walaupun demikian, tidak berarti masyarakat sanggup mengonsumsi nasi pada jumlah total yang digunakan banyak. Mengonsumsi nasi berlebih walaupun telah dicampur minyak kelapa juga tiada memberikan efek yang tersebut baik.

“Tapi ingat, porsi serta total makannya tetap harus diperhatikan. Termasuk juga santan, apabila digabungkan dengan daging tentu akan berbeda kandungannya,” tandas dr. Dicky.

Artikel ini disadur dari Benarkah Masak Nasi dengan Minyak Kelapa Bisa Turunkan Kadar Kalorinya?