Kesehatan

Bunda! Jangan Beri Anak Jus Buah yang mana Disaring, Kenapa?

9
×

Bunda! Jangan Beri Anak Jus Buah yang mana Disaring, Kenapa?

Sebarkan artikel ini
Bunda! Jangan Beri Anak Jus Buah yang mana mana Disaring, Kenapa?

JAKARTA – Jus dianggap sebagai minuman sehat walafiat kemudian baik diberikan untuk si kecil. Ini adalah oleh sebab itu terbuat dari buah-buahan yang dimaksud kaya nutrisi. Apalagi, ada sejumlah pilihan jus yang dapat dinikmati si kecil.

Namun, para pemukim tua wajib tahu bahwa anak di bawah lima tahun tidak ada boleh minum jus terlalu berbagai serta disarankan untuk tak minum jus dengan rute juicer. Kenapa?

Dokter Spesialis Anak, dr Miza Dito Afrizal, Sp.A menjelaskan jus buah mempunyai dua metode pembuatannya, ada yang digunakan menggunakan blender biasa juga menggunakan juicer.

Menurut dr Miza, anak-anak dibatasi minum jus dengan menggunakan juicer. Sebab serat kemudian air dari buah yang disebutkan terpisah.

“Kata kuncinya ada dua, fiber kemudian fruktosa, pada buah ada gula alami yang dimaksud disebut fruktosa. Dan kita semua tahu bahwa buah mengandung fiber atau serat. Nah, fruktosa ini kalau dikonsumsi berbarengan dengan serat misalnya dikonsumsi buah dengan segera atau blender, si serat akan menghambat penyerapan gula. Dengan begitu terserapnya bertahap lalu pelan-pelan, dan juga ini adalah hal yang dimaksud bagus buat tubuh,” tutur dr Miza seperti disitir dari akun TikTok @mizaafrizal, Rabu (17/4/2024).

Sementara, untuk jus dikonsumsi menggunakan metode juicer, dr Miza mengatakan, gula yang digunakan ada di buah akan terserap secara dengan segera oleh tubuh oleh sebab itu tak ada serat.

“Proses ini kendati agak beda, tapi mirip dengan mekanisme anak minum kemasan yang dimaksud tinggi gula,” ucapnya.

Lantas, apa dampak anak yang minum jus menggunakan metode juicer? Kalau gula terserap cepat akan terbentuk sugar spike atau kadar gula pada pada tubuh meningkat cepat, kalau telah kejadian seperti ini si kecil merasa seolah-olah kenyang.

“Nah sugar spike ini biasanya akan disertai oleh sugar crush atau keadaan kadar gula yang tersebut merosot cepat. Dampaknya anak jadi cranky, rewel, lemas,” jelasnya.

“Anak juga jadi marah-marah mulu kemudian jadi sugar craving, maunya makan manis-manis aja, akhirnya anak kalau dikasih makanan utama gak manis gak mau, dikasih protein hewani nolak,” ujar beliau lagi.

Artikel ini disadur dari Bunda! Jangan Beri Anak Jus Buah yang Disaring, Kenapa?