Kesehatan

Cegah Infertilitas dengan Terapkan Gaya Hidup Baik

17
×

Cegah Infertilitas dengan Terapkan Gaya Hidup Baik

Sebarkan artikel ini
Cegah Infertilitas dengan Terapkan Gaya Hidup Baik

Nadineworldwide.com – Infertilitas pada waktu ini merupakan permasalahan umum kemudian kejadiannya meningkat pesat di dalam seluruh dunia.

Sampai sekarang, kejadian ini mempengaruhi sekitar satu dari setiap enam pasangan, meskipun infertilitas tidak ada setiap saat dapat diobati, namun dapat ditingkatkan dengan inovasi pola makan lalu gaya hidup sehat.

Dokter spesialis obgyn Brawijaya Hospital Duren Tiga, dr. Gunawan Dwi Prayitno, SpOG (K) FER mengungkapkan hitungan infertilitas di area Indonesia cukup tinggi yaitu mencapai 10-15 persen. Sedangkan yang mana lebih tinggi dari 2 tahun pernikahan, bilangan bulat infertilitas sekitar 8 persen.

Ia mengimbau para pasangan yang mana telah terjadi menikah untuk masih menjaga kemampuan fisik dengan tiada merokok lalu minum alkohol dikarenakan dapat merusak sperma. “Kebiasaan yang tersebut merusak sperma seperti asap rokok, alkohol harus dihentikan akibat bisa saja merusak mikro kecil sperma sangat sensitif sekali,” terangnya.

Menurutnya, ada beberapa faktor yang dimaksud dapat memengaruhi ketidaksuburan. Dari faktor istri ada gangguan haid, miom, kista, serta sumbatan saluran telur. Sementara ketidaksuburkan pada pria antara lain disebabkan oleh kelainan sperma serta gangguan pengeluaran sperma.

Ia menyarankan jikalau wanita miliki beberapa keluhan seperti nyeri haid, bukan perlu mengantisipasi waktu satu tahun pasca menikah untuk memeriksakan diri ke dokter.

“Misalnya nyeri haid, ada benjolan atau siklus tidak ada teratur tidak ada usah mengantisipasi nikah satu tahun akibat penanganannya bisa jadi rumit berbeda dengan dengan sperma yang dimaksud bagus, bukan ada nyeri (haid) juga tidaklah ada gangguan yang mana signifikan,” ujar dr Gunawan di acara grand opening fertility center Brawijaya Hospital Duren Tiga, Kamis (14/12/2023).

Sementara itu, untuk membantu para calon orang tua yang mendambakan buah hati, Brawijaya Hospital Duren Tiga menghadirkan pengembangan layanan terbaru mereka, yaitu Fertility Center.

Layanan tersbeut merupakan sebuah inisiatif kemampuan fisik reproduksi yang mana dirancang khusus untuk membantu pasangan suami istri yang tersebut mengalami gangguan kesuburan di mewujudkan impian merek untuk miliki anak.

Fertility Center Brawijaya Hospital Duren Tiga menyediakan layanan lengkap dengan metode “one-stop fertility service.” Layanan ini mencakup kolaborasi pasukan dokter spesialis dari berbagai bidang keilmuan, termasuk Obgyn, Urologi, Gizi klinik, Penyakit dalam, lalu Psikolog.

Pasien juga dapat melakukan perawatan kesuburan secara komprehensif lalu terpadu pada satu lokasi.

Tim Ahli Fertility Center sendiri dipimpin oleh dr. Gunawan Dwi Prayitno, SpOG (K) FER, manusia dokter spesialis isi lalu kebidanan yang digunakan juga merupakan ahli konsultasi Fertility.

(Dok: Brawijaya Hospital)
Grand opening fertility center Brawijaya Hospital Duren Tiga, Kamis (14/12/2023). (Dok: Brawijaya Hospital)

Dr. Gunawan Dwi Prayitno telah dilakukan berpengalaman di menangani gangguan kesuburan pasangan suami istri juga ketika ini juga menjabat sebagai Kepala Lingkup Fertility di tempat salah satu Rumah Sakit Pemerintah.

Brawijaya Hospital Duren Tiga menyediakan berbagai layanan, termasuk diagnosa kesuburan, Inseminasi Intrauterin (IUI), dan juga penanganan hambatan kesuburan lainnya seperti PCOS juga endometriosis dengan tindakan Minimal Invasive Surgery (MIS).

Untuk pasien yang membutuhkan kegiatan bayi tabung (IVF), dapat ditangani lebih tinggi lanjut di dalam Brawijaya IVF Center yang merupakan satu kesatuan dengan Brawijaya Hospital Group.

(Sumber: Suara.com)