Otomotif

Dakar Rally 2024 Saudi Arabia Mulai Esok, Peta Gurun Terbesar Planet Dirilis

Nadineworldwide.com – Nama Dakar Rally, dari official awal Paris-Dakar Rally, adalah salah satu pentas laga otomotif kelas “dewa”. Para driver kemudian rider dari berbagai cabang motorsport seolah “tersihir” untuk terlibat berpartisipasi dalam arena unik pembuktian peringkat juara dunia ini. Esok hari (5/1/2024) balap seru Dakar rally 2024 siap dipentaskan di area Saudi Arabia.

Selaras namanya, Dakar Rally telah pasti penuh jebakan kemudian drama dalam medan ganas. Termasuk di area masa pergolakan urusan politik benua Afrika di dalam beberapa penyelenggaraan terdahulu.

Belum lagi bertempur pada medan berpasir, gurun-gurun dan juga gumuk yang sanggup berubah setiap kali tiupan angin terjadi.

Beberapa kali turnamen ini dipindahkan, termasuk benua Amerika. Dengan hasil senada: ganas tak berkurang.

Terkini, Dakar Rally 2024 siap dipentaskan di area Saudi Arabia, pada 5-19 Januari.

Peta Dakar Rally 2024 yang digunakan meliputi kawasan Rub Al Khali atau Empty Quarter, gurun pasir terbesar di area dunia yang mana terletak di tempat Semenanjung Arab Selatan [screenshoot Dakar Rally, X].
Peta Dakar Rally 2024 yang digunakan meliputi kawasan Rub Al Khali atau Empty Quarter, gurun pasir terbesar dalam dunia yang mana terletak pada Semenanjung Arab Selatan [screenshoot Dakar Rally, X].

Unik, sebab di penyelenggaraan sebelumnya turnamen ini dipentaskan hanya saja beberapa pada waktu pasca Natal dan juga mendekati tahun baru. Edisi terbaru pada saat ini berlangsung beberapa hari pasca kesempatan tahun baru.

Dikutip dari rilis resmi Dakar 2024 via X Twitter, official route adalah Al Ula hingga Yanbu di area Arab Saudi yang tersebut mencapai total 7.891 km, dengan 4.727 km di tempat antaranya adalah Special Stage atau SS.

Beberapa nama dari pentas balap di tempat luar Dakar adalah Fernando Alonso dari Formula 1 (F1), dan juga juara sembilan kali World Rally Championship (WRC), Sebastien Loeb juga Carlos Sainz Sr., juara WRC tiga kali. Dari Dakar Rally sendiri, hadir Nasser Al-Attiyah yang dimaksud menjuarai balapan ini lima kali, dan juga Stephane Peterhansel, veteran pemegang rekor 14 kali juara Dakar lalu beraksi dalam roda dua mau pun roda empat.

Sementara itu, diambil kantor berita Antara dari AFP, pada Dakar Rally 2024, rute paling menegangkan dari turnamen yang digunakan dipentaskan untuk ke-46 kalinya ini adalah pembukaan dua hari atau 48 jam di area kawasan Rub Al Khali atau Empty Quarter, gurun pasir terbesar di tempat dunia yang digunakan terletak dalam Semenanjung Arab Selatan.

Nasser Al-Attiyah, pereli dengan syarat Qatar mengincar penghargaan keenam pada turnamen ini. Suksesnya berawal pada 2011 dalam balik kemudi Volkswagen, lalu 2015 sama-sama Mini, lalu bersatu Toyota pada 2019, 2022, dan juga 2023.

Nasser al-Attiyah, pereli dengan syarat Qatar yang tersebut bergabung di tempat regu Toyota Gazoo Racing pada waktu merayakan finish ketiga dalam Reli Maroko 2022, yang berlokasi di dalam Agadir (6/10/2022) [AFP/Fadel Senna].
Nasser al-Attiyah, pereli dengan syarat Qatar yang tersebut bergabung di dalam pasukan Toyota Gazoo Racing ketika merayakan finish ketiga dalam Reli Maroko 2022, yang dimaksud berlokasi di dalam Agadir (6/10/2022) [AFP/Fadel Senna].

Tahun ini, Al-Attiyah siap menghadapi tantangan baru sama-sama pasukan Prodrive Hunter yang tersebut disponsori Nasser Racing Team serta berbasis dalam Inggris.

“Saya sekarang menjadi bagian dari regu baru dan juga menghadapi tantangan baru untuk Dakar 2024. Saya telah terjadi memenangi Dakar lima kali dengan tiga kelompok berbeda, serta kami akan menghasilkan sejarah reli jikalau kami memenangi Dakar 2024 dengan Prodrive Hunter,” paparnya.

Pembalap Prancis Sebastien Loeb menanti di tempat mobilnya selama sesi mengemudi di dalam Jeddah pada 29 Desember 2021, mendekati Reli Dakar 2022, yang tersebut akan berlangsung tahun ini di area Arab Saudi dari 1 hingga 14 Januari 2022.FRANCK FIFE / AFP
Pereli Prancis Sebastien Loeb mendekati Reli Dakar 2022 [AFP/Franck Fife]

Juara WRC sembilan kali, Sebastien Loeb yang tersebut berlaga sama-sama Prodrive BRX Team akan menjadi seteru Nasser Al-Attiyah. Dalam Dakar Rally 2023, ia menjadi juara kedua setelahnya Al-Attiyah.

“Apa yang tersebut saya ingat dari Dakar terakhir adalah kedudukan kedua ini menjadi motivasi untuk balapan besok akibat kami kompetitif,” komentar Loeb.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button