Lifestyle

Dear Zulhas, Bansos Itu dari Negara, Bukan?

Nadineworldwide.com – Belakangan ini nama Menteri Perdagangan RI Zulkifi Hasan kembali menjadi sorotan publik. Tentu bukanlah tanpa alasan kenapa namanya kembali menjadi gunjang-gunjing.

Sebuah video popular pada media sosial memperlihatkan Zulhas lalu kader PAN sedang berada di dalam berhadapan dengan panggung di rangka kegiatan kampanye.

Di menghadapi panggung, Zulhas berinteraksi dengan warga dengan menanyakan perihal bansos serta BLT.

“Yang kasih bansos serupa BLT siapa?” kata Zulhas pada video yang dimaksud diunggah oleh pemilik akun X @ARSIPAJA pada Mingguan (31/1/2023).

Kemudian, publik serempak menjawab nama Jokowi.

Setelah itu, pria yang digunakan juga menjabat sebagai menteri perdagangan (mendag) yang disebutkan mengundang publik untuk mengangkat tangan apabila menyukai Jokowi.

“Yang suka serupa Jokowi angkat tangan,” ungkapnya.

Setelah itu, Zulhas meminta penduduk untuk membantu capres-cawapres Prabowo Subianto dan juga Gibran Rakabuming Raka.

“Pak Jokowi itu PAN. PAN itu pak Jokowi. Makanya kita menyokong Gibran, cocok?” ucapnya.

“Gibran itu siapa sih? Anaknya Pak Jokowi,” lanjut Zulhas.

Hal itu segera menuai tanggapan dari beberapa pihak mulai dari timses paslon 1 dan juga 3 hingga putri dari Gus Dur alias Alisa Wahid.

Respon Berbagai Pihak Tentang Zulhas

Putri sulung Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Alissa Wahid menyentil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan atau Zulhas yang digunakan mengumumkan Bantuan Sosial (Bansos) lalu Bantuan Langsung Tunai (BLT) itu berasal dari uang Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Dengan tegas Alissa menyatakan, bansos juga BLT itu berasal dari uang rakyat.

“Pak Menteri, bansos dan juga BLT itu kegiatan negara, pakai uang rakyat. uang kami. Bukan dari Pak @jokowi,” kata Alissa melalui akun X.

“Jangan lah rakyat diajari untuk salah paham begini. Kita semua punya tugas mencerdaskan keberadaan bangsa lho, pak,” imbuhnya.

Selain itu, ada juga respon dari Ketua Tim TPN Ganjar-Mahfud, Aria Bima yang dimaksud meminta-minta agar tidaklah ada klaim bansos untuk kepentingan pemenangan pemilihan umum salah satu kandidat.

Sementara itu, Jubir Timnas AMIN, Said Didu mengajukan permohonan Zulhas untuk stop membohongi publik sebab bansos berasal dari uang rakyat.

Bansos Itu Kewajiban serta Berasal dari Negara

Bansos adalah merupakan bantuan dalam bentuk uang atau barang yang tersebut diberikan pemerintah untuk individu, keluarga, kelompok, dan juga publik sesuai kriteria tertentu. Tentu semata untuk mereka itu juga yang tersebut rentan terhadap risiko sosial.

Dalam Peraturan Menteri Keuangan tentang Belanja Bantuan Sosial pada Kementerian Negara/Lembaga pendanaan bansos dianggarkan di APBN.

Seperti bansos PKH atau acara keluarga harapan untuk meningkatkan taraf hidup Keluarga Penerima Manfaat melalui akses layanan pendidikan, kesehatan, juga kesejahteraan sosial.

Selain itu, dana bansos juga bersumber dari APBD sebagaimana tertuang di Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 32 tahun 2011. Misalnya, bantuan secara langsung tunai (BLT) dana desa untuk diberikan terhadap publik miskin di area desa.

Pemberian bantuan sosial ini juga jadi amanat UU Nomor 11 Tahun 2009 ketika pemerintah baik dari pusat maupun area punya tanggung jawab menyelenggarakan kesejahteraan sosial dengan memberikan bansos sebagai stimulan.

Jadi perlu digarisbawahi kalau bansos merupakan kewajiban dan juga berasal dari negara, bukanlah uang pribadi Presiden Jokowi.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button