Berita

Dua Sosok Pangdam yang digunakan Bertugas dalam Tanah Papua, Sama-sama Tim Elite TNI AD

8
×

Dua Sosok Pangdam yang digunakan Bertugas dalam Tanah Papua, Sama-sama Tim Elite TNI AD

Sebarkan artikel ini
Dua Sosok Pangdam yang mana digunakan Bertugas pada Tanah Papua, Sama-sama Tim Elite TNI AD

JAKARTA – Saat ini ada dua Perwira Tinggi (Pati) TNI AD yang dimaksud menjabat sebagai Pangdam di tanah Papua . Keduanya berasal dari satuan elite Angkatan Darat yang mana berbeda, yakni Kopassus juga Raider.

Pangdam merupakan singkatan dari Panglima Komando Daerah Militer yang bertugas mengawasi Kodam, komando utama pembinaan serta operasional kewilayahan TNI AD. Kodam merupakan unit strategis yang dimaksud bertanggung jawab berhadapan dengan pembinaan kesiapan operasional seluruh komandonya dan juga melaksanakan operasi pertahanan berpartisipasi dalam wilayah darat sesuai dengan kebijakan Panglima TNI. Seorang Pangdam berpangkat Mayor Jenderal (Mayjen TNI) atau jenderal bintang 2.

Hingga pada waktu ini terdapat 15 Kodam yang mana tersebar ke seluruh wilayah Indonesia. Dari jumlah agregat itu, dua di antaranya berada pada tanah Papua, yakni Kodam XVII/Cenderawasih lalu Kodam XVIII/Kasuari. Kodam Cenderawasih membawahi wilayah Provinsi Papua Tengah, Papua, Papua Pegunungan, lalu Papua Selatan. Sedangkan wilayah Kodam Kasuari meliputi Provinsi Papua Barat Daya serta Papua Barat. Lalu siapa sosok Pangdam yang mana bertugas dalam tanah Papua?

Pangdam yang bertugas ke tanah Papua:

1. Mayjen TNI Izak Pangemanan, M.Han

Dua Sosok Pangdam yang digunakan Bertugas ke Tanah Papua, Sama-sama Tim sepak bola Elite TNI AD

FOTO/DOK.TNI AD

Pangdam yang digunakan bertugas ke tanah Papua adalah Mayjen TNI Izak Pangemanan. Lulusan Akademi Militer (Akmil) 1990 itu mengemban amanat sebagai Pangdam XVII/Cenderawasih sejak 26 April 2023.

Izak Pangemanan ditugaskan sebagai Pangdam Cenderawasih berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/338/III/2023 tertanggal 29 Maret 2023 tentang pemberhentian dari kemudian pengangkatan pada jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia (TNI). Promosi jabatan itu kemudian disertai kenaikan pangkat Izak dari Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI berubah jadi Mayor Jenderal (Mayjen) TNI.

Tentara kelahiran Manado, 6 Maret 1969 itu merupakan lulusan kecabangan Korps Perhubungan kemudian selanjutnya mengikuti kecabangan Infanteri (Kopassus). Izak pernah menjabat Kepala Staf Komando Daerah Militer (Kasdam) II/Sriwijaya menggantikan Brigjen TNI Gumuruh Winardjatmiko yang mendapatkan jabatan baru sebagai Perwira Sahli Tk.II Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Area Lingkungan Hidup pada Mabesad, Jakarta.

Sebelum menjabat Kasdam II/Sriwijaya, Izak Pangemanan dipercaya sebagai Komandan Korem (Danrem) 172/Praja Wira Yakthi (Abepura) Kodam XII/Cenderawasih, Papua periode 2020-2022. Maka itu, wilayah Papua bukanlah wilayah asing baginya, terlebih Izak pernah menjabat sebagai Komandan Resimen Induk Daerah Militer (Danrindam XVII/Cenderawasih pada periode 2015-2017.

Dia juga pernah ikut serta di banyak operasi pada Papua seperti Satgas Tribuana Irian Jaya, Satgas BAN-5 Papua, Satgas BAN-10 Papua, Satgas BAN-11 Papua, lalu Koordinator Daerah (Korda) Papua Kementerian Defense (Kemhan). Izak juga pernah menjabat Dangrup 3/Sandha Kopassus periode 2011-2013.

Berbagai jabatan strategis lainnya yang mana pernah beliau emban di antaranya Danden 1 Yon 44 Grup 4 Kopassus, Kasiops Grup 3 Sandha Kopassus, Wadanyon 33 Grup 3 Kopassus, Panbandyalat Sops Kopassus, Danyon 32 Grup 3 Kopassus, Dansatdik Sesandha Kopassus, Kadepsus Pusdikpassus, dan juga Wadan Grup 3 Sandha Kopassus.

2. Mayjen TNI Haryanto, SIP, M.Tr.(Han)

Dua Sosok Pangdam yang Bertugas ke Tanah Papua, Sama-sama Tim Elite TNI AD

FOTO/DOK.KODAM KASUARI

Artikel ini disadur dari Dua Sosok Pangdam yang Bertugas di Tanah Papua, Sama-sama Pasukan Elite TNI AD