Otomotif

Ford Nucleon, Mobil Masa Depan Bertenaga Atom

33
×

Ford Nucleon, Mobil Masa Depan Bertenaga Atom

Sebarkan artikel ini
Ford Nucleon, Mobil Masa Depan Bertenaga Atom

JAKARTA – Mobil masa depan selalu menyita perhatian perhatian, baik dari sisi tampilan maupun pembaruan materi bakarnya. Pabrikan mobil Ford ternyata juga punya konsep mobil masa depan bertenaga atom bernama Nucleon.

Nucleon awalnya belaka mobil konsep yang dimaksud belum terealisasi rancangan kelompok Ford Motor Company pada 1957. Saat itu, The Atomic Age pada 1945 meramalkan bahwa materi bakar fosil akan ditinggalkan lalu tergantikan oleh tenaga atom .

Para ilmuwan juga telah memperkirakan bahwa tenaga atom mempunyai penerapan yang dimaksud akan merevolusi perawatan modern, produksi pangan, transportasi, kemudian barang konsumen. Heritage Daily melansir, Kamis (18/4/2024), Glenn T. Seaborg, Ketua Komisi Tenaga Atom Amerika Serikat mengusulkan pemanfaatan energi nuklir untuk menggerakkan jantung buatan. Sementara itu, David Dietz, orang jurnalis sains, membayangkan mobil menggunakan pelet energi atom yang dimaksud tidaklah tambahan besar dari pil vitamin.

Konsep masa depan atom semakin dibanggakan ke Las Vegas, Nevada, yang mana mendapat julukan “Kota Atom”. Wisatawan berbondong-bondong ke Las Vegas untuk mengunjungi “Pesta Bom Fajar” sepanjang tahun 1950-an selama 100 uji coba nuklir di atmosfer pada Portal Uji Coba Nevada.

Pada 1957, Ford Motor Company berjuang memberikan ilustrasi sekilas tentang mobil masa depan bertenaga atom kemudian merilis model Ford Nucleon skala 3/8, sebuah konsep mobil bertenaga atom.

Nucleon dilengkapi kapsul tenaga yang tersebut digantung di dalam antara boom kembar berisi inti radioaktif untuk tenaga penggerak. Reaktor yang disebutkan akan menggunakan fisi uranium untuk mengubah air berubah jadi uap bertekanan tinggi, yang digunakan kemudian menggerakkan satu set turbin. Terdapat saluran masuk udara pada atap serta penyangga yang digunakan kemungkinan besar menyediakan udara ke sistem pendingin reaktor.

Nucleon mampu menempuh jarak tambahan dari 8.046 kilometer atau tergantung pada ukuran inti sebelum diisi ulang di stasiun khusus dengan memasang inti baru. Pemilik Nucleon akan mempunyai banyak pilihan tipe inti, seperti model hemat komponen bakar atau model berperforma tinggi.

Pada kompartemen penumpang menampilkan kaca depan satu bagian yang ramping dan juga jendela belakang. Pada beberapa variasi model konsep juga terdapat sirip ekor ganda yang tersebut kemungkinan besar terinspirasi dari fiksi ilmiah 1950an.

“Mobil seperti Nucleon menggambarkan sejauh mana penelitian masa depan serta menunjukkan keengganan perancang untuk mengakui bahwa sesuatu tidak ada dapat dilaksanakan hanya saja akibat itu belum dilakukan,” tulis Ford ketika itu.

MG/Maulana Kusumadewa Iskandar

Artikel ini disadur dari Ford Nucleon, Mobil Masa Depan Bertenaga Atom