Olahraga

Formula 1 Umumkan Kalender Balapan Sprint 2024, Ada 6 Sirkuit

14
×

Formula 1 Umumkan Kalender Balapan Sprint 2024, Ada 6 Sirkuit

Sebarkan artikel ini
Formula 1 Umumkan Kalender Balapan Sprint 2024, Ada 6 Sirkuit

Nadineworldwide.com – Ajang balap mobil Formula 1 resmi mengumumkan kalender untuk format balapan Sprint selama musim 2024.

“Saya dengan senang hati mengumumkan enam lokasi menarik untuk balapan F1 Sprint musim depan, termasuk dua tuan rumah baru, yaitu China juga Miami,” kata Presiden kemudian direktur utama Formula 1 Stefano Domenicali, di keterangan resmi, Selasa.

“Keduanya akan menjadi tambahan yang digunakan fantastis dan juga memberikan pengalaman kemudian hiburan yang mana luar biasa bagi semua penggemar kami pada waktu balapan dan juga menonton di dalam rumah,” ucapannya menambahkan.

Adapun balapan Sprint pertama di tempat musim 2024 adalah dalam Shanghai, China, yang digunakan bergulir pada 19-21 April. Lebih lanjut, Sirkuit Miami pada Amerika Serikat lalu Sirkuit Spielberg di area Austria akan menjadi tuan rumah berikutnya yang tersebut masing-masing diselenggarakan pada 3-5Mei kemudian 28-30 Juni.

Selanjutnya, Sprint akan kembali ke Amerika Serikat di dalam Austin (18-20 Oktober), lalu Sao Paulo pada Brazil (1-3 November), juga ditutup pada Sirkuit Lusail, Qatar (29 November-1 Desember).

Pertimbangan Formula 1 untuk kembali menghadirkan Sprint di tempat beberapa rangkaian grand prix musim mendatang menyusul tingginya animo penggemar yang mana menyaksikannya sejak format balapan itu diperkenalkan pada tahun 2021.

Domenicalli mengatakan, Sprint telah terjadi memberikan dampak positif di perkembangan jumlah total penonton. Menurut laporan Nielsen, jumlah keseluruhan pemirsa Grand Prix Azerbaijan 2023 naik 83 persen dibandingkan musim sebelumnya, pun dengan GP Amerika Serikat serta GP Belgia yang digunakan masing-masing naik 139 persen dan juga 34 persen.

“Sejak diperkenalkan pada tahun 2021, Sprint telah terjadi konsisten di menghadirkan peningkatan pemirsa di tempat televisi, lebih besar berbagai hiburan yang dimaksud sesuai untuk para penggemar di tempat acara-acara, lalu meningkatkan keterlibatan penggemar di area jaringan sosial kemudian digital,“ jelas Domenicalli.

Sependapat, Presiden FIA Mohammed Ben Sulayem menambahkan pihaknya senang sanggup kembali menghadirkan format balapan yang disebutkan di tempat musim mendatang.

“Penambahan Shanghai akan menjadi tantangan bagi pasukan kemudian peserta balap pada waktu Formula 1 kembali ke China untuk pertama kalinya sejak 2019, sementara Sprint di dalam Miami akan menambah dimensi baru pada akhir pekan yang mana memikat,” kata Mohammed.

“Kami harus terus mengalami perkembangan kemudian beradaptasi untuk menegaskan kami melakukan yang digunakan terbaik untuk olahraga ini,“ kata beliau menambahkan.

Sementara itu, Formula 1 musim 2024 akan dibuka dalam Bahrain pada 29 Februari hingga 2 Maret.

(Sumber: Suara.com)