Kesehatan

Geger Pemain Timnas Indonesia Makan Mie Instan pada waktu TC dalam Turki, Begini Kata Dokter

13
×

Geger Pemain Timnas Indonesia Makan Mie Instan pada waktu TC dalam Turki, Begini Kata Dokter

Sebarkan artikel ini
Geger Pemain Timnas Indonesia Makan Mie Instan pada waktu TC pada Turki, Begini Kata Dokter

Nadineworldwide.com – Publik diriuhkan dengan beredarnya foto pemain Timnas Indonesia makan mie instan disela pemusatan latihan (TC) yang dijalankan di dalam Turki. Bolehkan atlet makan mie instan?

Dalam foto yang mana viral, nampak winger Timnas Indonesia terlihat berada dalam memasak mie instan. Foto yang disebutkan diunggah pada konten eksklusif Instagram Marselino Ferdinan hingga menjadi perbincangan hangat.

Terlebih diketahui, mie instan bukanlah makanan sehat kemudian tidak ada dianjurkan untuk konsumsi setiap hari. Tak ayal, sejumlah yang mempertanyakan apakah atlet boleh makan mie instan.

Seiring dengan ramainya kabar tersebut, dr Tirta Mandira Hudhi angkat bicara.  dr Tirta menerangkan bila tak kesulitan atlet makan mie instan. Sebab, mie instan bisa saja jadi sumber energi.

“Siapa bilang mie instan itu nggak boleh buat atlet?,” ucapannya disitir dari akun Instagram @sport77official, Selaasa (27/12/2023).

“Mie instan atau mie itu justru adalah sumber energi paling cepat daripada nasi,” kata dia.

“Tapi [bisa dikonsumsi] di keadaan tertentu dok, nggak bisa saja pada keseharian,” sela Mamat Alkatiri.

Mendenger pertanyaan itu, dr Tirta menegaskan mie instan tidaklah boleh dikonsumsi secara berlebihan dikarenakan mengandung natrium tinggi.

“Ya memang benar gak boleh sehari-hari. Ya jangan [makan mie instan] siang malam, soalnya mie itu gandum. Yang bahaya itu kan natriumnya kalau berlebihan,” kata dr Tirta.

“Pengawetnya itu kan benzoat lalu kawan-kawan ya, pada kondisi ada natrium dkk, kalau kita olahraga natrium kita butuh berlebihan,” sambungnya.

Lebih lanjut, dr Tirta yang digunakan juga dikenal sebagai pegiat media sosial yang dimaksud menjelaskan makanan yang mana lebih besar berbahaya ketimbang mie instan apabila dikonsumsi berlebihan. Menurutnya, minuman manis kemudian gorengan harus tambahan dihindari.

“Yang nggak boleh adalah minuman manis, pemanis buatan. Kalau mie instan masih boleh [bagi atlet] sebab mampu jadi [alternatif] sumber energi paling dekat,” ujar dr Tirta.

“Yang paling bahaya itu adalah gorengan juga pemanis buatan,” pungkasnya.

(Sumber: Suara.com)